loading...

CARA MEMUPUK POHON MANGGA YANG TEPAT



CARA MEMUPUK POHON MANGGA YANG TEPAT

Buat bedengan melingkar

Buah mangga merupakan jenis tanaman yang memerlukan nutrisi yang cukup agar terjadi proses pembungaan dan menghasilkan buah. Namun terkadang dalam proses pemupukan sering terjadi kesalahan dalam proses pelaksanaan sehingga hasil pemupukan tidak maksimal. Berikut ini merupakan cara memupuk yang baik tanaman buah mangga:

1. Buat bedengan mengelilingi tanaman. Pemupukan dengan hanya menaburkan pupuk disekitar tanaman tanpa dibuatkan bedengan maka pupuk yang larut pada saat dilakukan penyiraman arah alirannya tidak teratur dan belum tentu mengarah ke akar tanaman, terkadang hanya melalui permukaan tanah.


Pemupukan melingkar tepian bedengan

2. Perhatikan jangkauan serapan akar. Untuk jenis tanaman berakar tunjang seperti tanaman buah mangga, faktor posisi pemupukan sangat penting! Yaitu posisi terbaik peletakan pupuk adalah pada diameter luar batang tanaman yang terdapat daun. Kenapa posisi tersebut yang dipilih yaitu karena pada posisi tersebut merupakan wilayah perakaran tanaman yang melakukan penyerapan nutrisi yang paling baik.(untuk lebih jelasnya, perhatikan photo).

3. Gunakan pupuk yang mengandung Nitrogen (N) dan Phosfor yang cukup. Kegunaan Nitrogen (N) yaitu untuk merangsang pembungaan dan Phosfor digunakan untuk memperkuat calon buah agar tidak rontok. Pemupukan dengan jenis pupuk yang tidak mengandung dua unsur tersebut maka hasilnya tidak akan baik dan tanaman akan sulit berbunga.


4. Lakukan penyiraman berkala yang baik. Penyiraman merupakan syarat dasar agar tanaman dapat tumbuh dan berbuah. Penyiraman yang baik yaitu dengan memperhatikan kadar keasaman air yang digunakan dan juga tingkat kelembaban tanah yang akan disiram. Jika kondisi tanah sudah basah sebaiknya penyiraman tidak dilakukan agar tidak terjadi pembusukan akar tanaman.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



7 comments:

Anton mengatakan...

Info yang bermanfaat...salam

Anonim mengatakan...

nice infooo gaaaan


rumah dijual jakarta selatan
jual rumah di bogor
jual rumah semarang
kredit rumah btn

Didiet Purwantoro mengatakan...

bagaimana bila baru saja ditanam, misalnya beli cangkokan bib it mangga. apakah perlu pemupukan atau tidak. terima kasih sebelumnya

Horace D. Hughes mengatakan...

bagi anda yang memiliki lahan pekarangan terbatas mungkin bisa mempertimbangkan tabulampot mangga, panduannya ada di http://solusikebun.com

Pranad Ad mengatakan...

Perlu. Apalagi Cangkok secara umur sudah bisa menghasilkan buah.

Halla Abin mengatakan...

Terima kasih banyak .....

Dafit Dayat mengatakan...

Mau tanya gan pemupukan itu di lakukan tiap hari atau berpa hari...

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog