loading...

POHON PISANG YANG BERMANFAAT



POHON PISANG YANG BERMANFAAT



Bagi penduduk di iklim tropis, pasti sudah biasa melihat pohon pisang karena jenis pohon ini mudah tumbuh pada kondisi tanah apapun. Namun manfaat dari pohon pisang mungkin masing jarang yang tahu selain dimanfaatkan buah dan daunnya. Apa saja manfaat lainnya?. Berikut ini merupakan sisi manfaat lain dari pohon pisang.


1. Bonggol: bonggol pisang mempunyai kandungan air yang sangat banyak sehingga pada saat kesulitan mencari air bersih, gunakan saja bonggol pisang untuk mendapatkan air. Caranya cukup buat coakan pada bonggol pisang, tunggu kurang lebih setengah jam maka akan didapatkan genangan air ditengah coakan tersebut dan layak langsung diminum.


2. Batang: Batang pisang mempunyai sifat yang ulet dan berserat. Batang pisang selain dapat digunakan untuk acara-acara dekorasi pesta namun ada nilai ekonomis lainya yaitu dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan dengan bahan batang pisang sangat digemari oleh turis dari benua amerika, eropa maupun Jepang. Potensi bisnis untuk sektor ini masih sangat terbuka lebar, mengingat Indonesia sangat besar menghasilkan pohon pisang. Caranya: Batang pisang yang telah disortir dengan kualitas yang baik dijemur pada panas matahari. Biarkan sampai kering namun masih ulet. Selanjutnya bentuk sesuai keperluan! Bisa berupa tali untuk bahan dasar tas atau digunakan dalam bentuk lembaran dengan diberikan motif tertentu. Intinya sih, sesuai kreatifitas yang ingin dikembangkan.


3. Pelepah batang: Pelepah batang pisang dapat digunakan pada bagian getahnya yaitu untuk menghentikan pendarahan luar akibat terluka. caranya: pangkas pada bagian pangkal pelepah dan teteskan getang pohon pisang pada bagian yang terluka. Tidak lama kemudian darah yang keluar akan berhenti. Namun rasanya akan perih he he he, tapi benar sangat manjur. Biasanya cara ini digunakan oleh para petualang naik gunung sebagai pengobatan alternatif pada saat darurat.


4. Daun dan Buah: Bagian pohon pisang pada daun dan buah saya tidak akan jelaskan, karena semua orang sudah paham dong. Jika belum, waduh kebangetan tuh. Daun dan buah manfaatnya banyak, terutama yang berhubungan dengan makanan.


Pohon pisang dari akar hingga kepucuk daun semuanya dapat di manfaatkan, namun hingga saat ini belum optimal terutama yang berhubungan dengan nilai ekonomis. Namun dengan adanya trend back to nature lambat laun akan terkenal sesuai perkembangan jaman.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog