loading...

BERBAGAI JENIS TEPUNG TERIGU




Aneka Jenis Tepung Terigu yang mungkin sangat berguna bagi kita para pemula yang ingin membuat olahan dari tepung, agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.


1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu jenis ini memiliki kadar gluten yang rendah dan memiliki kandungan protein 7,5 - 9 %. Tepung terigu jenis ini biasanya di gunakan untuk membuat kue kering atau cake, gorengan. Namun bila anda ingin membuat roti, donat dan sejenisnya, jangan menggunakan tepung ini, karena sudah pasti akan bantet. Yang termasuk dalam tepung terigu berprotein rendah adalah Roda biru dan Kunci biru.


2. Tepung Terigu Protein Sedang

Kalau yang jenis sedang ini adalah tepung yang serba guna.Hal ini karena protein sedang mengandung kadar protein 8 - 10 % Karena dapat di pakai untuk roti, cake,Pancake, wafel, kue tradisional ( kukus ), aneka pastri dan kue kering. Namun hasilnya tidak akan akan sama jika menggunakan yang semestinya.
Seperti contohnya adalah bila kita membuat roti, si roti akan empuk namun volumenya tidak akan mengembang jika kita menggunakan yang berprotein tinggi. Namun bila kita berniat membuat kue dengan menggunakan tangan, maka hasilnya akan baik. Karena kadar gluten yang ada di dalamya akan membuat ikatan dalam adonan menjadi lebih kuat. Sehingga tidak akan mudah hancur ataupun pecah. Yang termasuk dalam tepung terigu berprotein sedang adalah Segitiga Biru dan gunung Bromo.


3. Tepung Terigu protein Tinggi

Tepung terigu jenis protein tinggi ini mengandung gluten sekitar 12%-14% sehingga memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Sehingga gluten bila kena bahan cair akan mengembang dan saling mengikat dengan kuat membentuk adonan yang bersifat liat. Tepung ini sangat baik jika di gunakan untuk membuat roti atau adonan yang menggunakan ragi. Tidak hanya itu saja, tepung terigu jenis ini juga sangat baik untuk membuat mie, risoles, pancake, kulit martabak, donat, brownies. Yang termasuk dalam tepung terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar, Kereta Kencana, Cakra Kembar Emas, Tali Emas.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog