loading...

CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI




Susu kedelai sangat nikmat sekali untuk dikonsumsi. Tapi sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi susu kedelai sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari kedelai sehingga dengan mengkonsumsi salah satu olahannya anda dapat mendapatkan manfaat tersebut sehingga mengkonsumsinya pun jadi lebih menyenangkan. Nah jika anda ingin mengetahui manfaat kedelai, anda bisa membaca salah satu artikel saya yaitu manfaat kedelai bagi kesehatan.

Dengan rasanya yang lezat dan segar membuat orang banyak menyukai susu kedelai. Tetapi tidak hanya dari rasanya yang membuat orang menyukai susu kedelai tapi juga kandungan gizinya yang banyak dan tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika rajin mengkonsumsi susu kedelai tersebut.

Untuk menikmati susu kedelai sebenarnya sangat mudah. Anda tidak perlu repot-repot mencari pedagang susu kedelai karena anda dapat membuat susu kedelai sendiri di rumah dan cara membuat susu kedelainya pun sangat mudah. Hanya saja selama ini kita tidak mengetahuinya sehingga kita menganggap cara membuat susu kedelai itu sangat rumit. Baiklah, untuk membantu anda dalam membuat susu kedelai, ada baiknya anda ikuti langkah-langkah cara membuat susu kedelai berikut ini.



1. Cuci bersih kedelai yang akan anda gunakan untuk membuat susu kedelai dengan bersih air mengalir sampai bersih.

2. Setelah di cuci bersih, rebus lah kedelai kurang lebih selama 15 menit, setelah itu rendamlah dengan air bersih selama 10-12 jam. Hal ini bertujuan untuk melunakkan kedelai dan juga agar mudah melepas kulit ari dari kedelai.

3. Setelah direndam, cuci kembali kedelai dengan air bersih mengalir. Ketika mencuci kedelai, remas-remaslah kedelai agar kulit ari terlepas dari kedelai.

4. Selanjutnya blenderlah kedelai sampai halus sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit.

5. lalu campurlah kedelai yang sudah halus dengan air panas secukupnya dan aduklah sampai rata. Kemudian saringlah dengan kain filter untuk mendapatkan sari dari kedelai.

6. Berikutnya rebuslah susu kedelai setengah jadi hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan susu kedelai dari mikroba-mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.

7. Selanjutnya kecilkan api dan biarkan susu kedelai di atas api lebih kurang 15 menit sambil terus di aduk dengan tujuan agar susu kedelai bisa tahan lama dan tidak mudah basi selain itu juga agar susu kedelai bisa tercampur dengan baik dan tidak mengendap bila didiamkan.

8. Berikutnya tambahkan gula dan garam sesuai dengan selera anda ke dalam rebusan susu kedelai, tambahkan juga vanili untuk menambah aroma, atau juga bisa ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti jahe, pandan dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda.

9. Selanjutnya hidangkanlah susu kedelai di tengah keluarga anda tercinta selagi hangat. Atau juga susu kedelai bisa dihidangkan dengan kondisi dingin dan ditambah ES jika cuaca sedang terik.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog