loading...

CARA MEMBUAT PUPUK BOKASHI

Membuat bokashi ,Pupuk bokashi adalah pupuk hasil dari proses penguraian bahan organic oleh mikroorganisme yaitu bakteri fototrofik .pupuk bokashi merupakan komponen penting dalam pertanian yang dapat memperbaiki sifat tanah baik secara kimia dan fisika serta biologi tanah.Pupuk bokashi dapat menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan, menahan air ,mempertahankan suhu dan kelembaban tanah. Juga menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman.


Untuk menekan biaya maka para petani diharapkan dapat membuat pupuk bokashi sendiri dari hasil kotoran ternaknya. Kompos atau pupuk kandang yang dibawa langsung kesawah masih banyak mengandung gas dan bakteri yang merugikan sehingga bila terlalu banyak akan menyerang tanaman itu sendiri .


  • Bahan bahannya antara lain:
  • 1000 kg kotoran kambing/ sapi / ayam.
  • 100 kg sekam atau abu sekam, brambut .
  • 10 kg bekatul.
  • 1 liter moretan/ em4/EM BPP-KP
  • 1,5 Liter tetes murni.
  • 100 Liter air bersih.

Proses pembuatannya 

Kotoran ternak ,sekam/ abu sekam, bekatul diaduk merata dengan cangkul hingga bercampur .kemudian ambil 220 ml EM4/ Moretan/EM BPP-KP dan 220 ml tetes murni campur dengan 50 liter air bersih hingga homogen.kemudian kocorkan campuran air tadi dengan kotoran ternak yang telah bercampur dan aduk hingga merata dibolak balik dengan cangkul sampaibahan campuran menjadi lembab / tidak terlalu basah, kemudian tumpuk setinggi 40 -50 cm dan tutup dengan plastic.

Tiga hari kemudian buka dan lakukan lagi pengocoran seperti diatas dan dibolak balik aduk hingga merata dan ditutp rapat dengan plastic lagi. 2 minggu kemudian buka penutup dan bokashi siap digunakan. Pupuk bokashi yang telah masak ditandai dengan bau masam seperti tape, warna kecoklatan dan dingin ini menandakan gas amoniak sudah keluar semuannya. dan pupuk bokashi sudah dapat di gunakan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "CARA MEMBUAT PUPUK BOKASHI"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT