loading...

CARA MENYUBURKAN BERBAGAI JENIS TANAH




Tanah yang subur dan gembur sangat mudah untuk ditanami tanaman. Untuk menigkatkan hasil produksi dari sebuah lahan, dibutuhkan tanah yang benar – benar subur yang memenihu syarat untuk ditanami sehingga tanah tersebut dapat membantu memberikan nutrisi dan makanan bagi tanaman untuk tumbuh dan berbuah.


Sayangnya, tak semua tempat di Indonesia memiliki kondisi tanah yang cukup baik untuk di tanami, misal saja tanah terlalu banyak mengandung unsur asam, kapur atau bahkan berpasir. Sebagai penambah wawasan kita, tak ada salahnya apabila kita tahu bagaimana cara menyuburkan tanah yang tandus seperti diatas. Siapa tahu suatu saat ilmu ini akan berguna untuk kita. Langsung saja kita bahas …


Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Tanah Liat
Sebenarnya tanah liat sangat cukup menyimpan banyak nutrisi bagi tanaman dan didalamnya pun juga banyak hewan – hewan tanah yang bisa hidup untuk membantu menyuburkan tanah. Namun kadar oksigen yang ada di dalam tanah liat sangatlah kurang dan tanahnya sendiri cenderung padat, tidak mudah untuk ditumbuhi dan hanya jenis tanaman tertentu yang bisa tumbuh di atas tanah liat ini. Untuk menyuburkan jenis tanah ini, kita harus memeberi pupuk kompos, bokasi pupuk kandang arang, dan aneka bahan organik lainnya agar tanah liat menjadi tanah gembur dan subur.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Gambut
Tanah bergambut pada dasarnya meyimpan banyak nutrisi yang cukup untuk tanah namun sayangnya keadaan PH pada tanah bergambut sangat rendah sehingga tanah cenderunng bersifat asam. Selain itu jenis tanah ini tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup baik. Hanya tumbuhan tertentu yang bisa tumbuh dengan subur di lingkungan tanah bergambut. Untuk menyuburkan tanah yang mengandung gambut, kita bisa mengambil langkah seperti memberikan pupuk kandang, arang, dan limbah yang mengandung banyak protein seperti limbah tahu. Satu lagi yang tidak boleh dilupa, kita harus membuat parit sebanyak mungkin agar tanah bisa mengikat unsur hara.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Asam
Dari uraian sebelumnya yaitu mengenai tanah bergambut, kita pasti sudah tahu jika tanah yang menngandung asam tidaklah bagus untuk ditanami. Bila tanah yang bersifat asam ini ditanami maka kita bisa melihat secara pasti tanda – tandanya dengan banyak ditumbuhi alang – alang. Untuk tanaman yang berbuah, buah yang dihasilkan tidak akan bagus dan bahkan tanaman jagung bisa menguning.
Cara menyuburkan tanah yang mengandung unsur asam yang tinggi adalah dengan memberikan pupuk organik, sekam arang, dan yang terakhir adalah memberi kapur untuk meningkatkan kadar PH tanah agar tidak asam. Kapur yang harus diberikan harus mengikuti komposisi tertentu, jangan terlalu banyak agar tanah tidak basa yang akhirnya memunculkan permasalahan baru. Bila kadar PH tanah adalah 4,5 dan anda ingin meningkatkan keadaan Phnya menjadi 6 (PH yang baik untuk tanah 6-7) maka anda akan membutuhkan kapur pertanian sebesar 5.25 ton/Ha namun penanaman pada lahan ini sudah dapat dilakukan mulai 3-5 tahun mendatang.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Kapur
Tanah yang mengandung kapur yang terlalu banyak akan menigkatkan unsur asam yang terlalu tinggi diatas 7 (PH standar tanah subur). PH diatas 7 sering kali dinamai dengan basa. Jika tanah dilingkungan anda basa, maka tanah ini akan mudah longsor. Untu membantu menyuburkan tanah yang basa dan mengandung banyak unsur kapur adalah dengan memberikan pupuk kompos dari dedaunan hijau terutama dari daun yang berbunga kupu – kupu seperti tanaman kacang, turi, johar dan lainnya. Setelahnya jangan lupa untuk memberikan pupuk yang mengandung belerang.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Berpasir
Tanah yang mengandung banyak pasir hampir tak mungkin bisa ditanami selain tanaman kaktus dan sejenisnya. Sebagian besar tanaman Indonesia tidak akan bisa hidup di tanah yang mengandung banyak pasir. Untuk menyuburkan-nya kita perlu memberi pupuk organik yang diolah dari dedaunan hijau yang mudah busuk, ditambah kotoran hewan, tanah dan air dengan perbandingan 1: 1: 1: 1. Sebelum dicampur dengan tanah berpasir ini simpan dahulu di dalam drum dan biarkan selama 3 minggu.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Kemerahan
Tanah kemerahan adalah salah satu jenis tanah yang juga sangat sulit untuk ditanami. Untuk membantu menyuburkan-nya kembali, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan kompos dan microba bermanfaat untuk kesuburan tanah. Jangan lupa setelahnya untuk menutupnya dalam waktu tertentu untuk melindungi lapisan tanah tersebut dari erosi ketika hujan datang. Setelah itu bisa anda gunakan untuk menanam.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog