loading...

Akar dan Rimpang Tanaman Berkhasiat Obat



Tanaman Obat Berkhasiat saat ini mulai dilirik dan banyak digunakan sebagai alternatif dalam mengobati berbagai penyakit, karena diyakini mampu menyembuhkan penyakit dengan efek samping minimal. Pemanfaatan tanaman obat biasanya bisa dari daun, bunga, biji, akar, buah, rimpang, dan herba atau seluruh bagian tanaman tersebut.

adapun jenis akar dan rimpang tanaman yang memiliki khasiat yang bagus untuk mengobati berbagai keluhan dan penyakit, diantaranya :

http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/akar-dan-rimpang-tanaman-berkhasiat-obat.html

Seperti yang kita kenal Aren adalah tanaman yang banyak digunakan untuk menghasilkan gula merah yang berkelas, yang biasa disebut dengan gula aren, tanaman ini hampir dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata akar dari pohon aren juga memiliki khasiat pengobatan. Kandungan dari akar cabang aren adalah kalium dan silikat yang memiliki khasiat diuretika ( memperlancar buang air kecil ).

Akar Pohon Pepaya
Siapa yang tidak kenal tanaman yang satu ini, hampir semua bagian dari tanaman ini mempunyai kegunaan dan khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, dimulai dari buah, daun, hingga akarnya. Akar pohon pepaya mengandung zat-zat papalna, kalium, midosim, papayatin, damar, dan tasin. Akar pepaya memiliki kemampuan untuk membasmi cacing yang merugikan dalam tubuh. Dosisnya sekitar 6 – 12 gram.

Akar Pohon Pule
Tanaman pule dapat ditemukan di berbagai daerah, terutama di pula Jawa. Akar dan pangkal batang pule ternyata banyak dimanfaatkan untuk bahan obat, kandungan zat yang terdapat pada akar pule diantaranya alkaloida agnalima dan alkaloida serpentina. Zat-zat yang terdapat pada akar dan pohon pule berkhasiat mengobati penyakit hipertensi dengan dosis pemberian antara 100 – 400 mg/hari ( pagi dan malam hari ).

Akar Tanaman Bengle
Bengle memang dikenal sebagai tanaman obat murni yang bisa mengobati banyak penyakit. Akar tanaman ini mengandung senyawa kimia seperti damar yang lunak, lemak, minyak atsiri, goun, gula, asam-asam organik, mineral dan abumivoida. Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai penghangat badan.

Akar Temu Ireng ( Temu Hitam )
Tanaman ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Senyawa kimia dari akar tunggal temu ireng adalah minyak atsiri. Akar tanaman ini berkhasiat untuk bahan obat gosok untuk mengobati badan pegal dan penyakit rematik. Baca Juga : Khasiat Temu Ireng.

Akar dan Rimpang Kunyit
Kandungan senyawa-senyawa kimia kunyit diantaranya minyak atsiri, hidrat arang, damar, goum, dan pati sangat baik sekali untuk digunakan sebagai obat diare, karnimative, stabisida, dan kologoga dengan dosis 8 – 12 gram. Baca Juga : Khasiat Alami Kunyit.

Rimpang Temu Giring
Jenis temu yang satu ini rimpangnya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit cacingan atau dalam ilmu kedokteran di kenal sebagai obat antelmintika, biasanya digunakan dengan dosis 4 – 8 gram.

Rimpang Temu Lawak
Temu lawak juga merupakan tanaman obat yang sangat familiar di Indonesia dan tanaman ini telah banyak diekstrak secara modern dan dipasarkan sebagai obat atau suplemen. Kandungan zat penting pada rimpang temu lawak diantaranya minyak atsiri, yang memiliki khasiat sebagai obat antispasmodik saluran cerna ( anti kejang ) dan kolagoga. Baca Juga : Segudang Manfaat Temu Lawak.

Rimpang Laos
Kandungan senyawa-senyawa kimia dari Laos diantaranya kaunferida, hablur, golangin, hablur kuning, dan minyak atsiri kuning. Laos memiliki khasiat karavinativa, obat panu ( anti jamur ). Baca Juga : Lengkuas dan Khasiatnya.

Akar Alang-alang
Tanaman ini bisanay dianggap sebagai tanaman pengganggu, karena dapat tumbuh liar dan menjadi semak, namun ternyata akar alang-alang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Kandung zat dari akar alang-alang diantaranya damar, asam kermik, dan logam alkali memiliki khasiat sebagai diuretika ( memperlancar buang air seni ). Dan dosis yang digunakan umumnya sekitar 4 – 12 gram.

Rimpang Jahe
Jahe mengandung senyawa kimia seperti minyak atsiri, zigibetol, borneol, zigiberin, zingeton, falandren, sineol, kanfen, damar, pati, okoresim, asam organik, dan gingerim. Khasiat rimpang jahe diantaranya sebagai membuang gas perut ( mengurangi kembung ), memperlancar keluarnya keringat, dan meningkatkan gairah dan tenaga. Dosis penggunaan sekitar 0,5 – 1,1 gram.

Rimpang Kencur

Kencur telah digunakan sebagai bahan jamu atau obat sejak dahulu, kandungan zat kimia berkhasiat seperti minyak atsiri, kanferin, alkalaoida, goum dan mineral pati sangat baik untuk mengobati perut kembung, mengencerkan dahak, melancarkan keringat, dan meningkatkan stamina secara umum. Baca Juga : Kencur dan Segudang Khasiatnya.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog