loading...

MANFAAT TANAMAN MURBEI UNTUK OBAT ALAMI




Tanaman Murbei atau nama ilmiahnya adalah Morus alba mungkin sudah jarang dijumpai disekitar kita. Bahkan mungkin ada yang hanya pernah mendengar saja bahwa, daun murbei digunakan sebagai makanan ulat sutera sehingga tanaman murbei banyak dijeumpai di daerah penghasil sutera.

Dalam bahasa inggris disebut Mulberry, dan oleh lidah orang kita dipelesetkan menjadi murbei. Sejak jaman dahulu murbei telah diketahui mempunyai khasiat pengobatan. Murbei ini diduga merupakan tanaman asli dari China daratan dan kemudian menyebar keseluruh dunia. Tanaman murbei cukup mudah dikenali terutama dari buahnya yang berwarna ungu tua ini dan berbentuk buni.
Murbei banyak mempunyai khasiat obat yang bisa digunakan secara langsung oleh masyarakat.
Berikut ini beberapa khasiat dari tanaman murbei untuk obat. 

Diabetes
Daun murbei segar 10 gram dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa +/- 1 gelas. Setelah dingin diminum secara rutin satu gelas setiap hari.

Hipertensi 
Daun murbei segar 15 gr dicuci bersih, Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin air rebusan dibagi 2 diminum pagi dan sore.

Bisul dan radang kulit
Daun segar sebanyak satu genggam cuci lalu rebus dengan dua gelas air biarkan sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin kemudin disaring, diminum sekaligus.
Rebusan daun murbei juga berguna untuk membersihkan darah jika diminum secara teratur.

Jantung lemah
Buah murbei dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kadungan alami di dalamnya mampu memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mencegah penyumbatan di aliran darah. Sehingga sangat efektif dalam mencegah serangan jantung dan stroke.

cara : Buah murbei segar sebanyak 10 gram ditambah air masak 1 gelas lalu dibuat jus dan langsung minu. 

Bisa ular
Daun murbei segar sebanyak 20 gram cuci lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, disaring dan diperas; air yang terkumpul bisa langsung diminum sekaligus.

Rematik,
Ranting murbei kering sebanyak 15 gram rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Hepatitis kronis, Anemia dan Hipertensi
Buah murbei segar sebanyak 10 gram ditambah air masak 1 gelas lalu dibuat jus dan langsung minum 

Menghaluskan kulit dan Flek Hitam pada wajah
Murbei mengandung anthocyanin, jenis antioksidan yang lebih kuat daripada antioksidan dalam buah lainnya. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam Murbei dapat menghapus bintik-bintik gelap di wajah.

Rambut Rontok
Jika Anda menderita kerontokan rambut, ekstrak murbei adalah alternatif yang aman dan alami. Anda dapat mengaplikasikan jus buah murbei ke rambut. Produksi melanin di rambut bisa ditingkatkan oleh kandungan dalam buah murbei. Saat ini banyak orang muda yang rambutnya beruban prematur. Dengan minum jus murbei secara teratur bisa membuat rambut jadi sehat.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog