loading...

SEKILAS INFO TENTANG KEHIDUPAN BURUNG PIPIT



burung pipit sedang memberi makan anak-anaknya

KLASIFIKASI BURUNG PIPIT

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Class: Aves
  • Order: Passeriformes
  • Family: Estrildidae
  • Genus: Lonchura
  • Species: Lonchura punctulata
  • Asal: India, Cina, Asia Tenggara, Afrika
  • Harapan hidup: 6-8 tahun

Burung pipit adalah burung kecil berparuh pendek pemakan biji-bijian. Nama latin burung pipit adalah Lonchura punctulata.Sekilas nampak kemiripan fisik antara burung pipit dengan burung gereja/house sparrow, karena burung gereja (Passer domesticus) dan burung pipit tergabung dalam satu ordo yang sama: Passeriformes, meskipun berbeda family. Nama lain burung pipit di Indonesia adalah Emprit atau Bondol. Sedangkan di luar negeri, burung pipit dikenal dengan nama Munia (spesies burung pipit dari Asia), Mannikin (spesies burung pipit dari Afrika) atau Silverbills.

JENIS BURUNG PIPIT

Terdapat lebih dari 40 spesies burung pipit, beberapa di antaranya:
scaly breasted munia

Spesies: Lonchura punctulata
Nama Lain: Bondol Peking, Scaly-breasted Munia
chestnut munia

Spesies: Lonchura atricapilla
Nama Lain: Bondol Coklat, Chestnut Munia

Bondol Coklat adalah jenis burung pipit dengan penampilan paling menarik dan cukup bersahabat dengan manusia.

white-headed munia

Spesies: Lonchura maja
Nama Lain: Emprit Haji, White-headed Munia
Daerah Penyebaran: Sumatera, Jawa, Bali

Tidak seperti bondol coklat, emprit haji lebih galak terhadap manusia dan suka mematuk.

javan munia

Spesies: Lonchura leucogastroides
Nama lain: Bondol jawa, Javan Munia

java sparrow

Spesies: Lonchura oryzivora
Nama Lain: Java Sparrow

MORFOLOGI BURUNG PIPIT

Burung pipit bertubuh kecil, dengan panjang tubuh antara 10-12 cm dan berat 10-14 gram. Kuku burung pipit tumbuh sangat cepat. Burung pipit jantan memiliki kepala yang sedikit lebih lebar dibanding burung pipit betina.

HABITAT

Burung pipit tinggal di area terbuka di dekat sumber makanan mereka dimana terdapat banyak tanaman rumput berbiji seperti sawah atau padang rumput. Burung pipit membuat sarang untuk berlindung dari panas dan hujan di atas pohon pada ketinggian lebih dari 4 meter. Pohon-pohon yang biasanya dipilih sebagai tempat membuat sarang adalah pohon pinang, kelapa atau pohon jambu yang rimbun.

Burung pipit hidup dalam kelompok. Di dalam satu kelompok sering ditemukan adanya variasi jenis/spesies pipit yang berbeda. Kelompok pipit dalam jumlah besar merupakan hama padi yang sangat merugikan. 


MAKANAN

Makanan utama burung pipit adalah biji-bijian (seed) seperti padi dan millet. Saat musim kawin, burung pipit akan memakan dedaunan hijau dan serangga sebagai tambahan nutrisi. Untuk burung pipit peliharaan, makanan lebih bervariasi tergantung selera: beras, remahan roti, pupa semut, tauge, bayam, parutan wortel, ulat hongkong, hingga tulang sotong.
telur burung pipit

SIKLUS HIDUP

Burung pipit akan siap kawin setelah usia 7 bulan. Musim kawin burung pipit biasanya terjadi pada musim hujan. Burung pipit akan membuat sarang yang terbuat dari rumput kering dan sabut kelapa. Sarang mereka berbentuk bulat seperti bola dengan lubang di satu sisinya untuk tempat induk keluar masuk. Burung pipit akan bertelur sebanyak 4-8 butir dan telur mulai dierami setelah telur ketiga dikeluarkan. Selama pengeraman, jantan dan betina akan bergantian mengerami, namun betina yang akan lebih sering mengeram karena sifat keibuan mereka. Lama pengeraman adalah 13-14 hari. Setelah menetas, anak burung pipit akan mulai belajar terbang saat berusia 21-25 hari. Anak burung pipit muda memiliki warna bulu coklat muda polos, dan baru akan mendapatkan pola warna bulu spesies mereka setelah benar-benar dewasa.


PREDATOR

Musuh alami burung pipit adalah ular, kadal, dan juga burung pemangsa.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



2 comments:

DUNIA OTOMOTIF UPDATE mengatakan...

wah jadi pengin melihara burung lagi

Dzaky Dewan mengatakan...

wah jenis burung yang satu ini ternyata banyak yah, kalau di desa saya ada yang anamnay burung seperti itu tapi dikasih nama burung peking.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog