loading...

CARA SUKSES BUDIDAYA LADA PUTIH




Lada atau merica putih komoditas hasil perkebunan penyumbang devisa negara Indonesia. banyak masyarakat Indonesia yang melakukan budidaya lada putih ini. 

Usaha budidaya lada putih ini agak membutuhkan biaya yang cukup besar. karena untuk biaya perawatan dan peremajaannya juga tinggi.

baca juga : CARA MENANAM LADA


Lada putih memiliki zat yang dapat menjadi penghangat tubuh. Komoditas ini sangat diminati oleh orang-orang Eropa yang hidup ditengah cuaca dingin yang butuh penghangat. Bukankah orang-orang Eropa datang ke Indonesia awalnya termotivasi ingin mencari lada untuk dijual di negaranya? Nah dari kemanfaatan dan kegunaan lada lada putih tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa budidaya lada putih cukup prospektif. Untuk melakukan budidaya lada putih anda harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini. tinggi tanah harus berada di atas ketinggian 2000-3000 mm/th, suhu sekitar 20-34 derajat celsius, terkena sinar matahari 10 jam sehari, kelembapan udara 50-100 persen dan terlindungi dari tiupan angin terlalu kencang. Selanjutnya media tanam atau tanah harus subur dan mengandung bahan organik, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah apalagi ada genangan air, p h tanah 5,5-7,0. Ketinggian tanah sekitar 300-1100 dpl.

artikel tentang lada lainnya :

CARA SUKSES BUDIDAYA LADA PUTIH

Ketika akan melakukan budidaya lada putih ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan. Apa saja persiapan yang harus dilakukan? Persiapan utama adalah pembibitan lada putih, tempat pembibitan, penyediaan tanah di dalam poly bag (kantong plastik). Pilihlah biji bibit dari tanaman yang bagus dan terbebas dari hama. 


Dalam melakukan budidaya lada putih, untuk pembibitan lada putih selain dengan biji lada putih juga bisa dilakukan dengan stek. Selanjutnya adalah mengolah media tanam yaitu tanah. Media tanah ini anda olah dengan dibalik-balikan sedalam 20-30 cm. Sesudah itu kemudian taburkan kapur pertanian dan diamkan selama 3-4 minggu dan kemudian diaduk sampai rata kembali.


CARA SUKSES MENAMAN LADA PUTIH
Cara menanam lada putih dengan menanam tanaman lain tidaklah jauh berbeda, dalam teknik budidaya lada putih, cara menanam lada putih antara tanaman satu dengan yang lain perlu diberi jarak kurang lebih 2m x 2m. Jarak tersebut bisa dikosongkan dan juga bisa diberi tanaman lain. Tanamkan bibit biji lada ke media tanam dengan jarak tanam 2m x 2m. Pola penanaman dibuat dengan bentuk limas dengan ukuran lubang penanaman atas 40 cm x 35 cm, bawah 40 cm x 15 cm, dan kedalaman 50 cm. 

Kemudian lubang tempat biji lada anda biarkan selama 10-15 hari.setelah 10-15 hari biji lada baru dimasukkan ke lubang. Sebaiknya dalam melakukan penanaman biji lada putih pada saat musim penghujan atau peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Setelah tanaman lada ditanam kemudian media tanah ditaburi pupuk kandang agar tanah menjadi bertambah subur dan kaya nutrisi untuk tanaman. Ketika sudah masuk ke masa panen tanaman akan memiliki ciri-ciri tangkai sudah berwarna kuning dan buah sudah ada yang masak. Umur buah lada ini kurang lebih hingga 3 tahun kurang.demikian uraian tentang cara budidaya lada putih.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog