loading...

INFORMASI TENTANG BURUNG NURI SI PENGHIAS RUMAH DAN TAMAN



Burung Nuri Pelangi, begitulah julukan yang mungkin bisa diberikan pada burung nuri ini. Hal ini karena semua warna pada pelangi terdapat pada bulu-bulunya dengan pola dan komposisi yang sangat indah sekali.


Selain dikenal dengan nama burung Nuri Pelangi, burung ini juga dikenal dengan nama Kasturi Pelangi, Perkici Pelangi atau Rainbow Lorikeets . Sedangkan nama ilmiahnya adalah Trichglossus haematodus. 

Lihat juga burung-burung lain :


Burung ini merupakan jenis paruh bengkok yang banyak dijumpai di Indonesia dan Australia. Yang menarik, walau burung ini tidak bersuara merdu karena suaranya lebih mirip suara jeritan yang kencang dan berisik, tetapi tetap ada banyak yang menyukainya sebagai burung penghias rumah atau taman.



Nuri pelangi memiliki panjang tubuh sekitar 25 – 30 cm, dengan rentang sayap sekitar 17 cm.Bagian kepala berwarna biru yang tampak kontras dengan paruhnya yang berwarna jingga maupun lehernya yang kuning kehijauan. 


Pada tubuh bagian atas berwarna hijau gelap. Sedangkan bagian dada berwarna merah, dengan motif garis-garis biru kehitaman.




Ciri-ciri itu terdapat di burung Nuri Pelangi jenis jantan atau betina. Karena itu cukup susah untuk membedakan jenis kelaminnya.Yang menarik, burung ini termasuk jenis burung yang setia pada pasangan. Selama pasangannya itu belum dipisah karena dijual atau mati, selama itu pula dia akan setia pada pasangannya dan tak bisa ke lain hati.




Mereka sering terlihat secara berpasangan, termasuk saat terbang. Kalau ada burung sejenis yang memanggil, maka seekor atau sepasang Nuri pelangi akan bergabung. Biasanya dalam satu koloni terdapat 5-20 ekor.




Dalam menjaga daerahnya, maupun saat mencari pakan, pasangan burung Nuri pelangi memiliki perilaku sangat agresif. Mereka sering menyerang burung lain yang memasuki wilayah kekuasaannya.Tidak peduli apakah burung pengganggu itu memiliki ukuran tubuh lebih besar darinya.





Di Indonesia, Nuri pelangi tersebar di kawasan timur Indonesia, mulai dari Sulawesi, Nusa Tenggara, dan seluruh wilayah Papua. Tetapi terkadang juga dijumpai di Jawa dan Bali. Burung ini senang tinggal di kawasan hutan hujan dan daerah terbuka. 



Mereka sering terbang ke pucuk-pucuk pohon untuk mencari buah-buahan, nektar, getah pohon, biji-bijian, dan serangga.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog