loading...

DAMPAK BURUK YANG DITIMBULKAN PENGGUNAAN PUPUK KIMIA



http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/dampak-buruk-yang-ditimbulkan.html

Pupuk terbagi dua jenis yaitu pupuk organik dan pupuk non-organik atau kimia. Pupuk organik terbuat dari kotoran hewan, pupuk hijau dan kompos sedangkan pupuk kimia dibuat oleh perusahaan- perusahaan dengan menggunakan zat-zat kimia.



Sejak tahun 1970-an pupuk kimia diperkenalkan ke Indonesia manfaat yang didapatkan sangat terasa sehingga negara juga ikut menganjurkan petani secara massal untuk menggunakan pupuk kimia pada pertanian bahkan negara memberikan subsidi untuk pupuk kimia.

Beberapa tahun kemudian barulah terasa dampak buruk yang ditimbulkan oleh pupuk kimia terhadap tanaman.
baca juga :

MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR
ANEKA JENIS PUPUK ORGANIK
BAHAN UNTUK MEMBUAT PUPUK ORGANIK
TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN PUPUK UNTUK TANAMAN


Dampak Pada Tanah

Pupuk kimia yang terus-menerus diaplikasikan ke tanaman pada akan mempercepat hilangnya zat-zat organik dan kesimbangan zat makanan di dalam tanah yang akhirnya menimbulkan bermacam penyakit pada tanaman. Unsur zat hara yang ada dalam tanah akan diikat oleh molekul-molekul kimiawi sehingga regenerasi humus tidak bisa dilakukan lagi sehingga daya tahan tanah atau daya dukung tanah berkurang dan yang nantinya tanah menjadi tandus.

Tanah yang telah tercemari pupuk kimia bisa berdampak langsung pada manusia karena zat beracun atau berbahaya bercampur dengan air dan tanah yang bersentuhan dengan manusia.

  • Beberapa kondisi tanah setelah penggunaan pupuk kimia
  • Mikroorganisme tanah menjadi tipis
  • Tanah menjadi keras
  • Residu pestisida dan insektisida banyak tertinggal dalam tanah
  • Mikroorganisme yang merugikan banyak berkembang

Dampak Pada Ekosistem

Pencemaran tanah oleh pupuk kimia berdampak besar terhadap lingkungan sekitar. Dampak pupuk kimia menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. akibatnya Beberapa spesies dan rantai makanan yang hidup disekitar tanah terkena pupuk kimia menjadi musnah dan pada pertanian terjadi perubahan metabolism tanaman yang menurunkan hasil produksi.

  • Beberapa dampak lainnya adalah
  • Polusi air
  • Pencemaran udara seperti emisi metana dari lahan pertanian.
  • Terjadi perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Dampak Pada Kesehatan

Hasil produksi tanaman yang telah tercemari pupuk kimia sangat berbahaya dikonsumsi oleh manusia. Beberapa dampak penggunaan pupuk kimia pada tanah, sebagai berikut
Pertama, zat timbal berbahaya pada anak karena dapat merusak otak dan kerusakan ginal.
Kedua, zat merkuri dan siklidiena dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah.
Ketiga,organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan saraf otot.
Keempat, pelarut yang mengandung klorin mengganggu pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat dan yang jelas tingkat penyebab kematian tinggi.

Lebih jauh penggunaan pupuk kimia akan menghancurkan sistem pertanian berkelanjutan. Artinya, besarnya dampak buruk yang ditimbulkan oleh penggunaan pupuk kimia terhadap tanah, ekosistem dan kesehatan menjadi alasan utama petani untuk meninggalkannya

sumber : bertani.com
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog