Cara Mengatasi Burung Stres

Kelilingi Burung-burung Kecil

Murai merupakan burung petarung. Jadi kalau mentalnya menurun maka akan menjadi stres (tidak berbunyi).

Penyebab stres sendiri bermacam-macam. Seperti: kalah bertarung, pindah tempat, terkejut (biasa tempat sepi, tiba-tiba pindah ke tempat ramai), dan lain-lain.

Adapun cara mengatasi murai stres yaitu jauhkan dari burung-burung sejenis, diletakkan di lingkungan yang nyaman (tidak panas, bisa dekat sumur atau dekat kolam), di kelilingi burung-burung kecil seperti burung peleci, sambitan dan geledekan. Denga melihat burung-burung kecil ini, mental burung murai akan terangkat kembali. Tapi, jangan pilih burung ciblek, karena meski kecil, burung ini bermental petarung dan bersuara membentak dan keras.

Untuk burung kacer, nangkur adalah sifat alamiah dari burung kacer. Ada beberapa sebab burung kacer nangkur. Seperti: sedang birahi, cuaca panas, dan kemungkinan takut melihat lawan jenis atau burung lain.
Jika nangkur karena birahi, biasanya dipengaruhi ekstra fooding yang terlalu banyak, seperti jangkrik atau kroto. Jadi sebaiknya kurangi ekstra foodingnya. Jika karena cuaca panas, maka perbanyaklah pola mandi burung. Bisa dua atau tiga kali sehari. Agar burung merasa nyaman.

Jika nangkur karena faktor usia, maka pilihlah kacer yang sudah mabung ketiga. Sebab, kacer mulai mapan saat sedang mabung yang ketiga kalinya.

Burung kacer merupakan salah satu burung petarung yang memiliki gaya paling eksotis dan suaranya memukau. Karakter dasar burung ini diantaranya: sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan, petarung yang mudah naik darah apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, birahi cenderung mudah naik, mudah jinak karena kemampuannya beradaptasi yang tinggi.


ANDI RIANTO


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog