loading...

APA ITU PUPUK NPK DAN APA MANFAATNYA BAGI TANAMAN?


Di dunia pertanian atau tanaman banyak digunakan pupuk NPK untuk menyuburkan tanaman. Pupuk NPK sendiri ada banyak macamnya di pasaran, berbagai merek pupuk NPK dengan masing-masing komposisinya. Namun secara umum pupuk NPK adalah termasuk pupuk majemuk anorganik atau bukan pupuk organik. Pupuk NPK sendiri dikemas dalam bentuk butiran atau dalam bentuk cair. Namun keduanya memiliki manfaat dalam menyuburkan tanaman.

Komposisi Pupuk NPK
Tanaman membutuhkan unsur-unsur yang ada di dalam pupuk di antaranya adalah Nitrogen, Fospor dan Kalium. Nah pupuk NPK ini adalah jenis pupuk yang mengandung ketiga unsur tersebut yaitu Nitrogen (N), Pospor (P) dan Kalium (K). 

Beberapa manfaat dari unsur-unsur yang ada dalam pupuk NPK adalah sebagai berikut :
  • Unsur N dalam pupuk NPK– nitrogen: membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun.
  • Unsur P dalam pupuk NPK – fosfor: membantu pertumbuhan akar dan tunas
  • Unsur K dalam pupuk NPK – kalium: membantu pembungaan dan pembuahan

Pupuk NPK biasanya memiliki komposisi N:P:K yang berbeda-beda yang kegunaannya sesuai dengan usia tanaman. Berikut ini adalah komposisi NPK yang biasanya ada di pasaran :

Pupuk NPK 25-7-7 

Biasanya disebut NPK awal atau NPK daun, karena kandungan N yang cukup tinggi berfungsi pada masa tanaman masih muda guna merangsang pertumbuhan daun.

Pupuk NPK 16-16-16 
Biasanya disebut NPK tengah atau NPK bunga, karena kandungan yang sama besar, dibutuhkan tanaman pada masa peralihan fase Vegetatif ke Generatif.

Pupuk NPK 15-9-20
Biasa disebut NPK akhir atau NPK buah, kandungan K yang cukup tinggi merangsang perkembangan buah hingga maksimal termasuk pematangannya.

Manfaat Pupuk NPK

Beberapa manfaat pupuk NPK untuk tanaman adalah sebagai berikut :
  • Dapat membantu,mempercepat, memperbanyak, memperkuat tanaman serta memudahkan akar dalam menyerap hara pada tanah. Mempercepat pertumbuhan tunas dan mencegah kekerdilan pada tanaman. Mencegah tanaman mengalami kerontokan bunga dan buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. Membantu dalam proses fotosintesis tanaman dalam membentuk zat gula,tepung dan protein lebih meningkat. Meningkatkan Produktivitas hasil panen.
  • Memperbaiki dan menjaga pertumbuhan Pertumbuhan primer (pertumbuhan ukuran panjang pada bagian batang tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem primer) serta pertumbuhan sekunder (pertambahan besar dari organ tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yaitu kambium pada kulit batang, kambium batang, dan dan akar).
  • Pupuk NPK ini memiliki reaksi ke tanaman yang cepat mudah diserap dan dapat serap oleh setiap tanaman manfaat hebat dari pupuk NPK mutiara ini.
Cara Menggunakan Pupuk NPK
Dalam pengaplikasiaan dan penggunaan jenis pupuk ini pada dasarnya sama dengan jenis pupuk majemuk pada umumnya, namun untuk lebih memaksimalkan hasil,salah kunci keberhasilan dalam pemupukan adalah T3 (tepat waktu pupuk,tepat dosis,tepat pemberian),oleh kerena itu jenis pupuk ini pengaplikasi dan pemberian kesetiap jenis tanaman seperti; pangan, hortikultura, dan perkebunan memiliki teknik perbeda-beda.

Untuk menggunakan pupuk NPK ini pada tanaman bisa dilakukan dengan sistem kocor. Pupuk NPK dilarutkan terlebih dahulu pada air, selanjutnya disiramkan pada akar tanaman atau disemprotkan pada bagaian daun.

Cara lain menggunakan Pupuk NPK adalah dengan membenamkanya pada sekeliling tanaman. Untuk bagusnya pupuk NPK dibenamkan di sekeloling tanaman secara merata atau di beberapa titik.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "APA ITU PUPUK NPK DAN APA MANFAATNYA BAGI TANAMAN?"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT