loading...

PANDUAN MEMILIH IKAN KOI YANG SEHAT

https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/panduan-memilih-ikan-koi-yang-sehat.html

Jenis ikan koi memang banyak peminatnya, harganya di pasaran local juga bermacam-macam. Anda mungkin pernah menemukan ikan koi dengan harga yang terbilang murah namun ketika dipindahkan ke kolam di rumah koi mudah sekali mati.

Ada banyak factor yang bisa menjadi penyebabnya.

Tetapi, jika Anda ingin mencoba memelihara koi dan membelinya di penjual ikan hias, gunakan beberapa tips berikut untuk mendapatkan ikan koi sehat.

Ideal dan Proporsional

Ikan koi sehat memiliki bentuk tubuh ideal dan tampilan fisik yang sempurna. Rumus perbandingan antara tinggi tubuh dan panjang tubuh koi yang ideal adalah 1:2, 3:3. Jika ideal artinya koi tidak gemuk namun juga tidak kurus.

Kemudian perhatikan garis punggungnya, jika sehat ia memiliki garis punggung lurus tidak melengkung. Posisi sirip juga simetris. Sirip di bagian dada dan perut berukuran sama besar. Ukuran sirip juga proporsional dengan tinggi dan panjangnya tubuh.

Simetris dan Sempurna

Jika ada yang keliru dengan ukuran, posisi tidak simetris dsb, maka gerakan koi akan kurang sempurna atau tidak seimbang. Selain itu juga perhatikan bagaimana kondisi dan bentuk mata, hidung, mulut maupun insang. Pastikan semua proporsional atau serasi.

Gangguan pada salah satu anggota tubuh bisa menunjukkan bahwa koi tersebut kemungkinan besar tidak sehat.

Warna Tajam

Warna ikan koi sehat harus cemerlang dan tajam serta terlihat kontras satu dengan lainnya. Jika merah maka merah cemerlang, jika putih maka putih salju. Gradasi atau warna yang memudar menunjukkan ikan tersebut kurang begitu bagus.

Selain itu, pada setiap bagian warna juga tidak terdapat bercak atau spot walaupun Cuma sedikit. Nah, Anda harus benar-benar jeli mengamatinya.

Tingkah Laku

Ikan koi sehat memiliki pembawaan yang seimbang, menyatu bersama teman-temannya, aktif namun tetap elegan. Ikan yang lesu, lamban, banyak berdiam di salah satu sudut kolam menandakan ikan tersebut kurang sehat. Termasuk jika ikan koi Nampak menghindari teman-temannya, bisa jadi ia mengalami penyakit.

Selain melihat dan mengenali ikan koi sehat dengan empat hal diatas, Anda tentu bisa berkonsultasi langsung kepada pembudidayanya. Penjual atau pembudidaya yang baik akan dengan senang hati menularkan informasi dan pengetahuan tentang budidaya koinya kepada Anda. Termasuk memberikan informasi yang jujur mengenai kondisi kesehatan ikan koi yang ditawarkannya.
Lanjutan selengkapnya
https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/panduan-memelihara-ikan-koi-di-rumah.html
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PANDUAN MEMILIH IKAN KOI YANG SEHAT"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT