loading...

PANDUAN MENANAM POHON BUAH RAMBUTAN

https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/panduan-menanam-pohon-buah-rambutan.html


Pohon rambutan merupakan pohon buah asli daerah tropis. Beberapa negara yang memiliki tanaman rambutan ini diantaranya adalah Kamboja, Indonesia, India, Malaysia, Filipina, Thailand, Srilanka dan Amerika Tengah.

Buah rambutan merupakan salah satu buah yang paling digemari dan dirindukan kedatangannya karena pohon rambutan hanya berbuah setahun sekali atau setahun dua kali. Rasa buah yang manis-asam dan daging buahnya yang kenyal inilah yang selalu bikin gigi rindu untuk menggigit dan lidah rindu untuk mencecap.

Apakah buah rambutan juga terkenal di negara lain seperti misalnya negara-negara di benua Eropa? Tentu saja, masyarakat di negara yang tak memiliki pohon rambutan menyebut buah ini sebagai buah eksoris dari negri tropis.

Akan tetapi, meskipun buah rambutan menjadi buah favorit di Eropa, Indonesia yang konon merupakan negara penghasil rambutan dengan berbagai macam jenisnya itu ternyata masih kalah dengan Thailand dalam hal ekspor rambutan.

Salah satu kendalanya adalah, para eksportir buah di Indonesia merasa kesulitan menghadapi tuntutan permintaan rambutan di Eropa; mereka maunya buah rambutan sempurna, yakni yang berwarna merah cerah, rasanya manis, dagingnya mudah dipisahkan dari bijinya, dan ukuranya seragam. Sementara hasil panen rambutan di Indonesia adalah melimpah ruah sekaligus semrawut.

Tapi tak apalah, toh buah rambutan selalu laris manis di negri sendiri. Rambutan ibarat buah berkah karena mudah didapat (ketika musimnya), murah harganya, dan kadangkala gratis kalau kita punya tetangga yang punya pohon rambutan.

Mengenal Rambutan: Apa Itu Rambutan?

Di Indonesia, pohon ini diberi nama pohon rambutan karena pohon rambutan menghasilkan buah bentuknya seperti kepala berambut. Tapi tentu saja buah rambutan tidak sebesar kepala manusia; hanya sebesar telur ayam yang dipenuhi rambut. Rambut pada buah rambutanpun sangat berbeda dengan rambut manusia; rambut ini justru malah mirip rumput yang baru tumbuh. Tetapi mending namanya adalah buah rambutan dari pada buah rumputan.

Tidak semua jenis buah rambutan memiliki rambut; ada juga kok buah rambutan yang botak, yang cepak, dan ada pula yang gondrong. Berikut ini adalah beberapa jenis buah rambutan yang ada di Indonesia:
https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/beberapa-jenis-rambuatan-yang-ada-di.html

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PANDUAN MENANAM POHON BUAH RAMBUTAN"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT