loading...

BAGAIMANA CARA MENANAM MERICA YANG TEPAT DAN MUDAH



Merica atau lada adalah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji yang dipanen dari tanaman dengan nama yang sama. Manfaat merica sebagai rempah-rempah penghangat tubuh sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia sejak zaman dahulu, itulah kenapa bangsa Eropa pada masa lalu berdatangan ke Indonesia hingga terjadilah kolonialisme yang diawali dengan mendaratnya bangsa Portugis pertama kali di Maluku.

Cara menanam merica tidaklah terlalu sulit, bahkan saking gampangnya tanaman merica hampir dapat tumbuh di seluruh wilayah tropis di Indonesia. Budidaya merica yang dilakukan oleh para petani sebagai komoditi ekspor Indonesia.
BACA JUGA

Merica atau lada dari Indonesia sudah dikenal di seluruh dunia sebagai komoditi dengan kualitas terbaik. Maka jika Anda ingin mencoba untuk budidaya merica, potensi pasarnya sangat terbuka lebar dari pasar lokal hingga mancanegara. Selengkapnya inilah cara menanam merica, rempah kecil andalan ekspor Indonesia yang mendunia :

Syarat Tumbuh Merica
  • Cara menanam merica yang baik berada di lahan dengan curah hujan antara 2.500 – 3.000 mm / tahun.
  • Mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam / hari dengan suhu udara 20 – 34 derajat celcius.
  • Tahan subur dengan PH 5 – 7 , serta berada di ketinggian antara 300 – 1.500 meter diatas permukaan laut merupakan lokasi yang tepat untuk cara menanam merica.
  • Contoh tanah yang baik untuk cara menanam merica antara lain jenis lateritic, utisol, podsolik, dan latosol.

Pembibitan Merica

Langah awal untuk cara menanam merica adalah menentukan bibit unggul agar tanaman merica yang dihasilkan dapat menghasilkan panen yang maksimal. Beberapa ciri bibit merica unggul antara lain :
  • Bibit merica bebas dari hama dan penyakit
  • Bibit berasal dari tanaman induk merica yang sehat
  • Kemurnian bibit merica terjamin
  • Untuk satu hektar lahan, dibutuhkan kurang lebih 2.000 bibit merica

gambar panduan cara menanam merica langkah pemilihan bibit

Mengolah Lahan Cara menanam Merica
  • Cangkul lahan sedalam 30 cm hingga menjadi gembur
  • Untuk tanah ber PH kurang dari 5, tambahkan kapur dolomite 500 kwintal pada lahan kemudian diamkan selama 4 minggu sebelum masa tanam dimulai
  • Berikan pupuk kandang yang telah difermentasikan untuk menambah kesuburan lahan, dan diamkan kembali selama 2 minggu agar nutrisi tercampur sempurna di dalam lahan.

Cara Menanam Merica

  • Cara menanam merica dapat dilakukan dengan sistim monokultur maupun tumpangsari dengan jarak antar tanaman 2 x 2 meter.
  • Buatlah lubang tanam berbentuk limas dengan kedalaman 50 cm, ukuran bawah 40 x 15 cm, serta ukuran atas 40 x 35 cm.
  • Diamkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum mulai menanam
  • Waktu untuk memulai cara menanam merica yang baik adalah di awal musim penghujan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari mengenai bibit yang baru ditanam.
  • Setelah bibit di tanam, taburkan pupuk kompos dengan dosis 100 gram / tanaman kemudian sirami dengan air secukupnya.
Tahap Pemeliharaan Tanaman Merica

Pembuatan Sulur
Buatkan atap di atas tanaman merica dengan bahan bamboo atau kayu, kemudian ikatkan tali dari atap dan julurkan ke bawah hingga mengenai tanaman sebagai media untuk merambat.

Penyiangan Tanaman
Cara menanam merica juga diperlukan pembersihan rumput atau gulma yang mengganggu di sekitar tanaman, lakukan penyiangan rutin setian 3 bulan sekali.

Perempelan Tanaman
Pangkaslah batang, ranting, maupun dahan tanaman yang layu atau terindikasi terserang hama penyakit untuk meremajakan tanaman merica.

Pemupukan Susulan
Seperti pada tanaman lainnya, cara menanam merica juga membutuhkan pemupukan susulan untuk menjaga nutrisi tanah agar tetap terjaga. Lakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kandang atau kompos.

Penyiraman Tanaman
Untuk menjaga tanaman merica agar tumbuh dengan baik, maka lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali serta ciptakan drainase yang baik agar saat musim hujan tiba, air

 tidak menggenangi lahan budidaya merica.

gambar panduan cara menanam merica pemeliharaan tanaman merica
gambar panduan cara menanam merica dan mengetahui buah siap panen

Panen Merica

Dengan mempraktekkan cara menanam merica yang sesuai dengan pedoman budidaya, maka Anda sudah dapat memanen merica pada saat umur tanaman menginjak usia 3 tahun. Ciri-ciri tanaman merica siap panen adalah tangkai biji atau buah mulai terlihat menguning serta warna buah kuning kemerahan.

Cara memanen merica adalah dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan menggunakan tangan. Dengan melakukan cara menanam merica yang benar, tanaman merica Anda dapat terus di panen hingga usia produktif tanaman kurang lebih 8 hingga 15 tahun tergantung dari varietas bibit merica yang Anda tanam.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "BAGAIMANA CARA MENANAM MERICA YANG TEPAT DAN MUDAH"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT