MENANAM TANAMAN NANAS


Jenis-jenis nanas antara lain,Nanas Bogor, Nanas Palembang dan Nanas Paris. Ketiga jenis Nanas ini rasanya enak, manis dan tidak terlalu banyak mengandung air. Selain itu kita kenal juga Nanas Merah, Nanas Klacen dan Nanas Cayene. Tiga jenis Nanas yang disebut belakangan ini, rasanya .tidak semanis nanas Bogor, Nanas Palembang dan Nanas Paris. Lagi pula terlalu banyak mengandung air. 

Nanas baru merupakan salah satu macam dari sedemikian banyak macam buah-buahan yang tumbuh di Tanah Air kita dengan beraneka ragam jenis maupun rasanya. Maka pada tempatnya jika, kita bangga dengan negeri kita yang subur ini. Daerah pada ketinggian 100 sampai 700 meter di atas permukaan laut adalah tempat yang sesuai untuk ditanami tanaman Nanas. Kecuali Nanas jenis Cayene Lise yang, dapat tumbuh pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Yang paling cocok adalah tanah yang gembur dan banyak mengandung humus, lebih lagi kalau tanah itu miring letaknya. 

Tanaman Nanas tumbuh dengan baik sekali di daerah yang banyak curah hujannya, tetapi tanaman ini tidak stuka genangan air. Ciri-ciri dari buah Nanas yang manis rasanya adalah buah yang memiliki mata buah yang menonjol., Sedangkan buah-buah, yang memiliki mata buah yang rata, rasanya kurang manis dan banyak mengandung air. Buah Nanas enak dimakan sebagai makanan segar. Dapat Pula dibuat selai untuk pelengkap makan roti. Dibuat sebagai campuran rujak sangat disukai para muda-mudi. 

Bahkan orang tua-tuapun tidak akan menolak apabila disuguhi rujak campur Nanas. Buah Nanas mempunyai kulit Yang berduri, kalau kita tidak berhati-hati dapat melukai jari-jari tangan kita. Kita dapat mengetahui buah Nanas  yang telah tua dari baunya Yang harum dan jarak mata buahnya yang sudah melebar. 

Buah Nanas yang masih muda dapat dipergunakan orang untuk melunakkan daging yang akan dimasak. Caranya dengan menumbuk buah Nanas yang masih muda itu, lalu airnya diperas dan dicampurkan kepada daging Yang akan dimasak itu. Buah Nanas dalam kalengpun tidak asing lagi bagi kita sekarang ini, karena pabrik pengalengan buah Nanas sudah banyak pula berdiri di Negeri kita ini. 

Tanaman Nanas berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini berupa semak yang berbatang semu. Tingginya lebih kurang 40 cm. Nanas mempunyai beberapa varietas pula, antara lain sebagai berikut; Ananas comosus varietas viridis. kulit buahnya tetap berwarna hijau walaupun buahnya sudah masak. Daging buahnya berwarna putih kehijau-hijauan. Baunya sedap dan banyak mengandung sari buah. Sayang rasanya tidak semanis Nanas Bogor. Nanas ini dikenal nama Nanas Hijau. Ananos comosus varietas rubens, buahnya berukuran besar. Warna kulitnya malahan lebih hriau dari kulit Nanas Hijau. 

Yang kita kenal sebagai Nanas Bogor itu ialah Anonas comosos varietas dulcis. Sedangkan Nanas Cayenne lisse adalah hasil pembudidayaan yang didatangkan dari luar negeri. Nanas Cayenne ini ditanam secara besarSesaran di perkebunan, karena buahnya baik sekali untuk dijadikan nanas kalengan.


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog