loading...

Tape dari Buah Sukun ??

Tape dari Singkong ???? itu sih biasa. Kalo Tape dari buah Sukun itu baru LUAR BIASA. Membicarakan masalah alternative akan muncul ide-ide menarik yang bisa di teliti. Salah satunya adalah membuat Tape dari buah Sukun.
 
 Bila Anda berasal dari daerah Cilacap dan sekitarnya akan sangat mudah mendapatkan buah Sukun ini karena hamper setiap rumah yang memiliki halaman yang luas pasti memiliki pohon Sukun. Buah Sukun biasanya di olah menjadi keripik Sukun, Sukun Rebus, Atau Sukun Goreng. Rasanya sangat nikmat. Buah Sukun yang matang, dagingnya yang lunak dan lembut bisa digunakan untuk campuran membuat kue.
Sekarang ayo berbicara tentang cara membuat Tape dari buah Sukun. Pertama kita pilih buah sukun yang agak matang (kemampo) tetapi belum lunak daging buahnya. Kemudian buah Sukun ini kita potong-potong seukuran tape singkong (5x5 cm) atau sesuai selera, kemudian kukus hingga matang kurang lebih 1 jam. Campurkan Ragi tape (Saccharomyces Cerevisiae). Masukkan dalam wadah tertutup rapat dengan plastic, jangan sampai ada kontak dengan udara selama kurang lebih 2-3 hari. Setelah 2-3 hari akan tercium bau wangi khas tape yang sangat lezat.
Kelebihan dari Tape Sukun ini rasanya lebih enak dan lebih manis dibandingkan tape singkong. Sebabnya karena Sukun lebih banyak mengandung karbohidrat yang mudah difermentasi oleh ragi tape.
Kekurangannya yaitu Tape Sukun ini belum UMUM di masyarakat dan buah sukun yang susah di dapat di daerah tertentu. Sekarang peran Anda lah yang bisa membuatnya menjadi UMUM. Siapa tahu bisa menjadi penganan khas daerah Anda. Anda Mau mencoba ???
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

1 Response to "Tape dari Buah Sukun ??"

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT