Memperbanyak Cabang Euphorbia


Pada umumnya euphorbia tumbuh memanjang dengan cabang yang sedikit. Sehingga makin tua tidak terlihat makin rimbun, tapi akan lebih terlihat rapuh / mudah patah. Mungkin cara ini bisa anda coba agar euphorbia anda menjadi rimbun, sehingga bila berbunga akan terlihat makin cantik.


Mungkin kebanyakan orang untuk memperbanyak cabang euphorbia-nya, akan memotong batang. Dengan harapan akan muncul cabang cabang baru pada batang tersebut. Boleh2 saja hal itu dilakukan tapi umumnya akan lama, sebab batang butuh energi lebih untuk memacu pertumbuhan cabang 2 ini.

Pada dasarnya euphorbia adalah tanaman yang akan berbunga bila terkana sinar matahari langsung. euphorbia juga termasuk jenis tanaman yang sebagian makanannya untuk pertumbuhan bunga, maka dari itu hampir semua jenis euphorbia pertumbuhannya cenderung vertikal, bukan membentuk cabang2.

Tapi bila anda ingin memperbanyak cabangnya, maka tempatkan euphorbia di tempat yang teduh, memang sih euphorbia akan sedikit ngambek untuk berbunga, tapi yang kita butuhkan pertama2 adalah cabangnya, karena nanti bila banyak cabang dan berbunga akan jauh lebih cantik bukan?...

Dalam dunia pertanian kita mengenal "pertumbuhan memanjang pada batang secara tidak normalkarena usaha tanaman untuk mencari sinar matahari yang sesuai dengan tingkat kebutuhan", seperti halnya tauge ( batangnya panjang2, padahal daunnya kecil ).
Euphorbia-pun begitu, kalau ditaruh ditempat yang teduh, batangnya bakal memanjang dan bunganya berkurang. Inilah TIPS KHUSUS agar tujuan awal kita ( memperbanyak batang ) tercapai.

Euphorbia harus diberi pupuk yang mengandung P ( Phospat ) banyak.biasanya pupuk yang mengandung banyak P digunakan untuk memacu proses berbunga pada tanaman. nah, kalau pupuk yang mengandung banyak P ini diberikan pada euphorbia ditempat yang teduh, mestinya bunga2 akan muncul, tapi syarat utama ( sinar matahari ) untuk berbunga tidak ada. Akibatnya, nutrisi P tadi, akhirnya merangsang bagi terbentuknya cabang2 baru. Tidak akan jadi bunga, karena tidak ada terpaan sinar matahari langsung.

Dan kalau pemrograman percabangan sudah berhasil, barulah euphorbia yang sudah banyak cabang tadi ditempatkan dilokasi yang panas.
Bersiap-siaplah menerima euphorbia yang akan bertambah cantik. Banyak cabang, yang tentu akan menghasilkan banyak tumbuh bunga.

Selamat mencoba, semoga sukses.......



artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog