loading...

Mengenal Sekilas Bunga Euphorbia Milli




Bunga Euphorbia milli (Delapan Dewa) ini berasal dari Madagaskar. Sedangkan nama Euphorbia berasal dari seorang dokter raja Juba di kerajaan Mauritania (Afrika Utara) yang bernama Euphorbus.


Menurut etnis Cina, tanaman ini kalau berbunga banyak dan dapat tumbuh besar dan dapat membawa keberuntungan, kesuksesan dan kemakmuran.

Beberapa jenis euphorbia diantaranya adalah :
- God Bless You - Color Burst - Silver Throne - Ace of Heart - Golden Eagle - Chiang Mai - Angel Face - Breathless - First Kiss - Moon Like - Red Devil - Sea Breeze - Red Dragon - Nine Lucks - Faboulus Splash - Forever Garden - Jade Bird - Classic Touch - Great Crown - Dream of Jewel - Chain of Love - Great Prosperity - Give You Luck - Rose of Nothern City.

Lingkungan Tinggal
Di tempat asalnya euphorbia ini tinggal di tanah berbatu dan kering. Iklimnya adalah sub tropis. Jadi bisa dikatakan bahwa lingkungannya cukup ekstrim. Sinar matahari mutlak dibutuhkan, walaupun di tempat asalnya tinggal di antara batu-batuan.

Kalau mau beli euphorbia, yang perlu diperhatikan, belilah euphorbia yang sudah
berbunga. Karena jenis euphorbia akan kelihatan jelas kalau sudah mengeluarkan bunga, tujuannya adalah untuk menghindari penipuan. Kemudian pilih euphorbia yang berdaun besar, karena dari daun yang besar akan berbunga yang besar juga. Tips terakhir, jangan ragu-ragu menanam euphorbia.

Namanya susah sekali di ingat, tapi kalau melihat bentuknya rasanya setiap saat akan diingat. Itulah Euphorbia yang nama ilmiahnya "Euphorbia milii", salah satu jenis bunga gurun yang berbunga sepanjang tahun, tidak mengenal musim baik itu musim hujan ataupun musim kemarau. Itulah yang menyebabkan tanaman yang mempunyai nama lain "Crown of thorn" ini sangat diminati oleh para hobiis Euphorbia. Ajaib memang, bunga/mahkota Euphorbia ini dapat bertahan sampai 4 bulan tidak rontok, bahkan salah satu jenis dengan sebutan "Forever Green" mampu bertahan selama setahun tanpa kerontokan.

Warna bunga Euphorbia pun sangat beragam. Dari beberapa literatur, Euphorbia terdiri dari 82 varietes. Menurut pengamatan, Euphorbia ini terdiri dari warna merah dengan segala corak, orange, pink, putih sampai dengan kuning. Bunganya pun terdiri dari 2 jenis, ada yang besar dan kecil. Saat ini yang lagi banyak diminati jenis dengan bunga yang kecil, itulah yang menyebabkan harga Euphorbia saat ini melambung tinggi, bayangkan saja di salah satu kota di timur Indonesia, harga Euphorbia ini mencapai Rp.300,000/pot untuk Euphorbia yang tingginya 15cm.

Perawatan Euphorbia pun relatif mudah, namun jika ingin memunculkan bunga dengan kompak di setiap ketiak daun sehingga daunnya nyaris tertutup bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut membutuhkan perawatan dan keahlian khusus.

Euphorbia adalah bunga jenis cactus yang tumbuh di daerah Thailand dan memiliki umur bunga yang cukup lama. Bunga ini memiliki bentuk yang unik dan cantik serta memiliki banyak variant, termasuk jenis yang dikembangkan secara lokal. Beberapa jenis memiliki nilai yang sangat mahal karena kelangkaannya dan beberapa memiliki nilai yang standar.

loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog