loading...

INFO CARA PEMBUATAN TAHU



ARTIKEL CARA PEMBUATAN TAHU

Tahu boleh diistilahkan dengan kata "saudara" jika dikaitkan dengan tempe. Sama-sama bergizi tinggi, berbahan utama kedelai dan bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau. Jika tempe berasal dari Indonesia, maka tidak demikian dengan Tahu. Makanan nikmat dengan tekstur lembut ini berasal dari Cina. Kata Tahu sendiri diserap dari bahasa Hokkian yakni Tauhu yang berarti "kedelai yang difermentasikan". Di Indonesia sendiri, Tahu sangat populer bahkan melebur menjadi makan khas daerah misalnya Tahu Sumedang dan Tahu Kediri. Jika selama ini Anda terbiasa membeli Tahu jadi di pasar, tak ada salahnya sekali-kali mencoba membuat Tahu sendiri dari dapur Anda. Pada dasarnya, cara pembuatan Tahu sangat gampang. Berikut uraiannya.


Buat Tahu Anda Sendiri!

ARTIKEL CARA PEMBUATAN TAHU




Pada prinsipnya, bahan utama Tahu adalah susu kedelai. Untuk percobaan, silahkan siapkan susu kedelai sebanyak 1 liter. Kemudian rebus di dalam wadah panci hingga susu kedelai mendidih. Matikan api dan diamkan rebusan tersebut selama 3 hingga 5 menit. Tambahkan zat pengawet (yang ramah terhadap kesehatan) dan juga zat pengental jika Tahu yang Anda buat hendak digunakan dalam jangka waktu lama. Jika tidak, Anda bisa melewatkan langkah tersebut. Selanjutnya, saring air rebusan tadi dengan menggunakan kain hingga air dan ampas benar-benar terpisah. Setelah itu, simpan ampas tadi di dalam cetakan dan letakkan pemberat di atasnya agar air pada ampas tersebut benar-benar hilang. Setelah padat, Tahu bisa dipotong dan siap diolah menjadi kuliner nikmat dan sehat.

Cara Mengolah Tahu


ARTIKEL CARA PEMBUATAN TAHU



Pada dasarnya, tahu bisa dikonsumsi langsung. Namun, secara umum, untuk medapatkan cita rasa yang lebih memikat, masyarakat biasanya mengolah Tahu bersama bumbu tertentu. Bisa dengan cara ditumis maupun digoreng. Selain dua cara tersebut, Tahu juga sangat populer dijadikan bahan isian sup nikmat.

Jika Anda penggemar Tahu, tak ada salahnya menyimpan ekstra susu kedelai di rumah. Cara pembuatan Tahu yang gampang tentu memudahkan Anda untuk membuat Tahu Anda sendiri di rumah. Lebih sehat dan tentu terjamin kebersihannya. Tahu yang ada di pasaran secara umum mengandung bahan pengawet. Jika Anda membuat Tahu dalam skala kecil (untuk konsumsi keluarga), tentu Anda tak memerlukan tambahan bahan pengental pun pengawet. Selamat mencoba!
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog