loading...

MANFAAT TEMPE BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN



Manfaat Tempe
ANEKA MANFAAT TEMPE BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN
Di Indonesia, boleh jadi tempe adalah primadona para ibu rumah tangga. Harganya sangat terjangkau. Bisa diolah menjadi berbagai kuliner nikmat. Dan yang terakhir, berkhasiat! Tempe merupakan altrenatif sehat bagi keluarga. Makanan yang berasal dari fermentasi biji kedelai ini mudah diolah dan ramah di lidah. Tempe diklaim berasal dari Indoesia. Tetapi oleh karena khasiatnya yang sanggup menyamai daging, kini tempe telah diproduksi secara besar-besaran di negara lainnya. Anda pasti pernah mengkonsumsi tempe? Sudah paham khasiatnya? Jika belum, berikut uraian manfaat tempe bagi manusia.

Senyawa Penyusun Tempe

Sebelum mengurai beragam khasiat tempe, penting juga untuk memahami senyawa penyusunnya. Tempe, berdasarkan penelitian klinis mengandung beberapa zat aktif pembaharu tubuh yang memiliki efek baik bagi kesehatan manusia. Tempe mengandung asam lemak seperti asam palmiat, asam oleat, dan asam linoleat. Hebatnya, saat proses fermentasi, terjadi peningkatan derajat ketidakjenuhan lemak. Seperti diketahui, lemak tak jenuh sangat ramah pada tubuh manusia. Selain asam, tempe juga sangat kaya akan vitamin antara lain vitamin B kompleks (larut dalam air), vitamin A, D, E, dan K yang digolongkan sebagai vitamin yang larut dalam lemak. Komposisi vitamin B pada tempe sangat baik. Vitamin B kompleks tersebut antara lain B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, asam nikotinat, asam pantotenat, B6 atau piridoksidin serta B12 atau sianokobalamin.

Kandungan tempe lainnya adalah mineral baik itu makro pun mikro. Komposisnya tidak berlebih tapi cukup. Mineral tersebut antara lain Fe atau zat besi, tembaga, zink, kalsium, dan magnesium. Yang tak kalah penting dari tempe adalah senyawa Isoflavonnya. Komponen zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan serangan radikal bebas. Isoflavon tempe ada tiga varian antara lain daidzein, glistein dan juga genistein. Semuanya bersinergi dalam mengurangi radiasi polutan dalam tubuh.


Mencermati kandungannya yang kompleks, wajar jika kemudian tempe juga menyimpan khasiat yang tak kalah kompleksnya. Berikut manfaat tempe bagi kesehatan dan kecantikan:
  • Sangat ampuh mencegah anemia juga Osteoporosis. Kandungan zat besi juga protein serta kalsium yang mudah dicerna tubuh menjadi tameng pelindung terutama bagi wanita yang memang sangat rentan kekurangan hemoglobin dan kalsium.
  • Menghalau kolesterol jahat dalam darah. Protein, asam lemak PUFA, serat alami, kalsium dan juga niasin pada tempe dikenal mampu mereduksi kolesterol jahat. Asam lemak efektif menurunkan serum kolesterol sehingga efek negatif sterol bisa ditangkal.
  • Tempe merupakan sumber anti-oksidan terbaik. Isoflavon-nya mampu memelihara sel sehingga efek penuaan dini bisa dihindari.
  • Penelitian di Amerika Serikat, tepatnya di North Carolina University, ditemukan fakta menarik bahwa genestein juga fitoestrogen yang ada pada tempe bisa melawan kakner prostat dan juga payudara.
  • Kandungan jamur Rhizopus pada tempe memberikan keuntungan sendiri sebab jamur tersbut merupakan zat antibiotik yang ampuh melawan disentri dan lain-lain.
  • Manfaat tempe lainnya adalah untuk mereduksi kadar gula darah.
  • Karang tempe atau R. oligosporus diketahui berfungsi sebagai anti-infeksi.
  • Kemampuannya sebagai penangkal radikal bebas juga bisa berefek baik pada pemeliharaan kesehatan organ tubuh terutama jantung. 
  • dll

Manfaat tempe sebagai penyeimbang gizi dan juga mengoptimalkan kesehatan manusia tentu tak bisa diabaikan. Paradigma tempe adalah makanan kelas bawah merupakan kesalahan yang paling besar dalam dunia kuliner. Dengan sedikit kreatifitas, tempe bisa diolah menjadi makanan "kelas atas" seperti steak dan burger tempe. Kembangkan kreatifitas dapur Anda! Selamat mencoba.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



1 comments:

Selimut mengatakan...

ini makanan rakyat Indonesia, murah dan manfaatnya banyak..

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog