loading...

SEKILAS TENTANG BUAH NAGA KUNING



SEKILAS TENTANG BUAH NAGA KUNING

Buah naga pertama kali ditemukan di wilayah Meksiko. Ciri khas buah ini adalah kulit bersisik dengan warna merah yang cerah. Selain itu, tanaman buah ini dikenal sebagai keluarga kaktus yang tahan hidup tanpa asupan air berlebih. Daging buah naga asli berwarna putih dan dipenuhi bebijian ukuran kecil berwarna hitam. Namun, seiring perkembangan teknologi pertanian, saat ini kita telah mengenal 4 varietas buah naga yaknibuah naga putih (sebagai varietas awal), buah naga merah, buah naga hitam dan yang paling unik adalahbuah naga kuning. Mengapa unik? Jawabannya ada pada kulit buah naga tersebut.

Tampilan Yang Berbeda

Jika dicermati, pembagian buah naga putih, merah dan hitam didasarkan pada warna daging buahnya. Meski daging buahnya berbeda, ketiga jenis tersebut memiliki kulit yang sama, berwarna merah dan dilengkapi struktur yang identik. Akan tetapi, sistem pembagian tersebut tidak berlaku pada buah naga kuning. Unsur pembedanya justru terletak pada kulitnya. Daging buah naga kuning berwarna putih berbiji hitam persis buah naga putih. Namun, kulitnya berwarna kuning terang dengan sisik berukuran besar yang pada ujungnya terdapat gradasi warna hijau. Selain kulit berisisk, buah naga kuning juga memiliki varian kulit lain yakni buah dengan permukaan kulit berduri.


Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Secara umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya. Hal ini juga ternyata berimbas pada ukuran buahnya yang juga dua kali lebih kecil dibandingkan varian lain. Meski kecil, tetapi rasa manis buah naga kuning melampaui buah naga lain. Hal ini disebabkan kandungan sakrosa juga fruktosa buah ini lebih tinggi. Selain manis, buah naga kuning juga cenderung berair sehingga meninggalkan rasa segar saat dikonsumsi.

Ada Harga Untuk Kualitas


SEKILAS TENTANG BUAH NAGA KUNING


Kabarnya, buah naga kuning masih langka di pasaran. Hal ini disebabkan kurangnya petani yang membudidayakan jenis ini. Padahal, teknik pemeliharaannya kurang lebih sama dengan buah naga lainnya. Petani selama ini terkendala pada ketersediaan bibit. Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda berkunjung ke supermarket dan menjumpai harga buah naga kuning dua kali lipat dibanding jenis buah naga lainnya. Walaupun cenderung mahal, banyak pihak yang mengklaim kualitas buah naga kuning memang setingkat di atas buah naga lainnya. Jadi, selalu ada harga untuk kualitas bukan? Selamat berburu buah!
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog