Mengantisipasi mbalon pada kacer trotolan

Mengantisipasi mbalon pada kacer trotolan

Mengantisipasi kacer agar tidak mudah mbalon ( kondisi dimana burung mengembangkan bulu-bulunya akibat mentalnya yang masih kurang stabil sewaktu dilombakan ) bisa dilakukan dengan burung kacer yang masih berusia trotolan, 

Oleh karena itulah beberapa faktor dibawah ini bisa diterapkan agar kacer trotolan tersebut setelah dewasa akan memiliki karakter yang tidak mudah mbalon. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diterapkan pada kacer trotolan anda: 


Jangan mendekatkan kacer tersebut dengan kacer betina, bila Anda mempunyai kacer betina, Anda dapat menjauhkan atau mengkrodong kacer jantan Anda agar tidak melihat sang betina. Selain menjaga birahi, kacer jantan tersebut bisa sekalian dimaster dengan lengkingan betina, umumnya lengkingan betina lebih keras.
Jangan menaruh kacer Anda di daerah penangkaran atau sangkar penjodohan, karena selain dapat memacu birahinya juga dapat merusak pasangan yang tengah dijodohkan. 
Melakukan diet ekstra fooding. Untuk kacer trotolan jumlah jangkrik yang diberikan sebaiknya tidak lebih dari 10 ekor perharinya, untuk membiasakan burung bisa mengatur kondisi birahinya atau membuat stabil birahinya sehingga tidak mudah over ataupun kurang birahi. 
Biasakan dengan memberi makan buah misalnya apel dan pisang, bila kacer Anda tidak terbiasa dengan buah, tetap saja berikan, karena lama-lama juga akan suka malah akan menagih bila Anda tidak memberinya.


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog