Manfaat Bawang Putih Tunggal : Kaisar Cina Pun Doyan!

Tentang khasiat bawang putih tunggal, sudah tidak disangsikan lagi. Konon, sejak lama para Kaisar Cina selalu menyimpannya dan mengkonsumsi setiap saat diperlukan. Kegemaran Kaisar Cina mengkonsumsi bawang putih tunggal ini erat kaitannya dengan daya tahan seks, sehingga mampu menggauli para selir-selirnya. Cara mengkonsumsinya dengan diparut lalu diseduh dalam air panas, seperti membuat kopi. Untuk menghilangkan bau tak sedap, bisa dicampurkan dengan gula atau madu.


Namun demikian, ada yang menyarankan kalau bawang putih jangan langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah karena bisa menyebabkan iritasi lambung. Solusinya bawang putih bisa digoreng, direbus atau dipanggang sebelum dikonsumsi. Belakangan telah ada pula dan diproduksi dalam skala pabrikan yakni kapsul bawang putih.

Khasiat bawang putih tunggal sebagai penambah stamina, memang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu, baik di dataran Cina, Jepang bahkan Mesir. Konon, para pekerja pembuat pyramid di Mesir kunoselalu mengkonsumsi bawang putih –tak disebutkan apakah bawang putih biasa atau bawang putih tunggal– untuk program diet mereka.

Tentang manfaat bawang putih secara umum –tak hanya bawang putih tunggal– berdasakan hasil penelitian Dr. Ir. Ingrid S. Waspodo, MSc, memang tak diragukan lagi. Biang kenapa bawang putih bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh karena mengandung zat Alisin. Zat ini -menurut Dr. Ingris– memiliki kekuatan antibiotic baik untuk melawan baksil, kuman penyebab TBC, disentri dan gonore. Bahkan 1 miligram Alisin sebanding dengan 15 kali unit standar penisilin. Luar biasa memang. Kandungan B1 yang terdapat dalam bawang putih juga sebagai alasan kenapa bawang putih bermanfaat menambah stamina.

Secara kimiawi dalam 100 gram bawang putih mengandung protein sebesar 4,5 gram, vitamin B1 0,22 miligram, vitamin C 15 miligram, kalsium 42 miligram, Posfor 134 miligram, besi 1 miligram, air 71 gram, lemak 0,20 gram, kalori 95 kalori.

Dengan kandungan kimia di atas ditambah kandungan minyak dan beberapa enzim bermanfaat, bawang putih semamin mengukuhkan tentang manfaat bawang putih selain sebagai bumbu masak. Bawang putih yang dikembangbiakan melalui umbinya ini, bisa tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan iklim sejuk tapi kering. Tanah gembur yang mengandung endapan dan tanah liat, merupakan media paling cocok untuk membudidayakan bawang putih ini.

Selain untuk menambah stamina dan daya seksual seseorang, dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, beberapa penyakit dapat disembuhkan seperti asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, darah tinggi, ambeien, luka benda tajam, digigit serangga, sulit tidur dan sakit kuning.

Untuk mengatasi penyakit asma, masuk angin dan batuk, caranya dengan mengupas 3 siung bawang putih, cuci dan lumatkan. Tambahkan madu 1 sendok makan atau gula batu yang dicairkan. Aduk semua bahan sampai rata, dan diminum setiap pagi hari sampai sembuh.

Cara mengatasi sakit kepala dengan bawang putih ini adalah melumatkan satu siung bawang putih, tempel pada dahi. Sementara untuk darah tinggi, Anda tinggal mengunyah 2-3 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kalau tidak kuat dengan aroma menyengatnya, bawang putih bisa dibakar sampai matang.

Bawang putih juga dapat mengatasi penyakit ambeien. Caranya dengan memeras satu siung bawang putih. Air perasannya dioleskan langsung ke daerah sekitar dubur. Lakukan setiap hari. Begitu pula bawang putih ini manjur juga untuk mengatas luka akibat benda tajam. Caranya adalah dengan cara mengupas bawang putih, cuci, bakar dan celupkan ke dalam minyak kelapa, lalu lumatkan. Rajangan bawang putih ini dioleskan pada bagian yang terluka.



artikel berikutnya



1 comments:

DENI DWI YUDHISTIRA mengatakan...

Informasi yang bermanfaat,Terima kasih.
http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog