Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Indonesia adalah karunia Tuhan, negeri yang subur kaya akan hasil bumi. Bermacam tumbuhan tumbuh dengan subur baik yang liar ataupun yang dibudidayakan manusia. Secara umum komoditi pertanian utamanya jenis hortikultura adalah jenis mempunyai varian paling banyak di antara kategori tanaman pertanian lainnya.

Dan jenis ini juga seperti kebanyakan tanaman pertanian lainnya juga menanggung banyak kendala, dimulai dari aspek budidaya di lapangan hingga kepada tahap akhir pengelolaan hasil pertanian. Alasan lain yaitu bahwa produk ini adalah produk musiman dan juga bahan hasil pertanian ini diketahui mudah mengalami kerusakan yang dapat saja terjadi saat proses pemanenan ataupun saat proses pengemasan. Sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut tepatnya lagi di perlukan suatu teknologi hasil pertanian agar tidak terjadi penurunan mutu atau kualitas hasil panen.

Perlakuan hasil demikian diberikan sesuai dengan sifat-sifat dari setiap bahan hasil pertanian yang ditangani, mengapa? Hal ini dikarenakan faktor penurunan mutu umumnya ditentukan oleh sifat-sifat bahan komoditi pertanian tadi dan pemahaman tentang hasil produk pertanian tersebut dapat juga berguna dalam pemanfaatan produk lebih lanjut.

Penerapan teknologi hasil pertanian ini diharapkan setidaknya mampu mengurangi laju penurunan mutu hasil panen yang mana ini sudah menjadi masalah sejak dahulu sehingga imbasnya dapat saja mengurangi pendapatan petani.

Teknologi pengolahan produk pertanian

Sudah bukan zamannya lagi kita ketinggalan informasi seputar pertanian, saat sekarang informasi seputar pertanian yang sampai kepada petani sudah jauh berkembang, dan telah memberikan begitu banyak kemajuan bagi pertanian di tingkat bawah bahkan dalam pengaplikasiannya dibuat sesederhana mungkin sehingga dapat dengan mudah di pahami oleh petani

Belakangan ini banyak di kembangkan berbagai inovasi baru seputar pengolahan hasil pertanian dan sudah diuji kelayakannya di laboratorium dan bahkan telah disebar luaskan di berbagai media baik itu bulletin, atau informasi lewat televisi. Teknologi ini di maksudkan agar memberi pengetahuan kepada petani tentang cara pengolahan hasil-hasil pertanian dan meningkatkan nilai jual produk pertanian. Disisi lain dapat juga sebagai pemacu pengembangan agroindustri produk olahan pertanian.

Mendukung program pengembangan agroindustri produk olahan saat ini telah dikembangkan berbagai alat-alat atau mesin pertanian yang di desain khusus untuk produk hortikultura tersebut, memudahkan bagi petani dalam penanganan produk sehingga lebih memaksimalkankualitas dan peningkatan nilai jual di pasaran dengan demikian harapan akan peningkatan kualitas produk dan peningkatan nilai tambah produk dapat terjamin.



artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog