loading...

Menanam Tanaman TURNIP

Family Cruciferae

Deskripsi

Turnip (Brassica rapa) adalah tanaman sejenis lobak yang termasuk dalam genus Brassica dan famili Cruciferae. Kurang jelas asal tanaman ini, tetapi ia ditemukan tumbuh di hutan belantara Rusia dan Siberia. Dan, kira-kira pada tahun 1609, tanaman ini sudah mulai diusahakan di daerah Virginia, Amerika Serikat. Di daerah-daerah subtropis seperti Eropa dan Amerika, turnip dapat diusahakan dan tumbuh dengan baik pada musim panas dan musim dingin.
Manfaat

Umumnya yang dijadikan sayur adalah umbinya yang merupakan hasil pembesaran akar. Sebagai sayuran, turnip mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, terutama karena banyak mengandung mineral kalsium, zat besi, vitamin A dan C, serta sejumlah vitamin B.
Syarat Tumbuh

Turnip dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di daerah dataran tinggi yang sejuk. Tanaman ini juga dapat diusahakan di semua jenis tanah, tetapi yang paling baik adalah di tanah lempung.
Pedoman Budidaya

PERSIAPAN LAHAN DAN PENANAMAN Persiapan lahan dan pengolahan tanah untuk membudidayakan turnip sama dengan cara persiapan dan pengolahan tanah yang dilakukan pada wortel atau bit. Walaupun turnip dikembangbiakkan dengan biji, ia tidak perlu disemaikan terlebih dahulu, tetapi bisa langsung ditanam pada aluralur dengan jarak antaralur 25-30 cm.
Pemeliharaan

PENJARANGAN Setelah tanaman tumbuh dengan baik, tanaman itu perlu dijarangkan agar diperoleh umbi yang besar. Penjarangan dilakukan dalam tiap baris tanam sehingga jarak antartanaman menjadi sekitar I5 cm. Jarak ini tergantung dari jenis atau varietas yang ditanam. Jika varietas yang umbinya kecil, maka jaraknya diperkecil, demikian sebaliknya.
Hama dan Penyakit

Beberapa hama dan penyakit yang menyerang tanaman kubis juga sering menyerang tanaman turnip. Clubroot dan Blacroot merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Sedangkan aphids, belatung akar, dan kumbang merupakan serangga yang sering menyerang tanaman turnip.
Panen dan Pasca Panen

Panen turnip dilakukan sama seperti pada panen wortel atau bit. Umumnya turnip dipanen 1,5 – 2 bulan, tergantung varietasnya Tanaman yang sudah dicabut, dipisahkan umbi dan daunnya. Selain umbinya, daunnya pun dapat dimasak seperti sayuran daun lainnya. Pada saat panen, ada juga yang tidak memotong daunnya. Dan, jika akan dipasarkan, pucuk-pucuk daunnya itu diikat menjadi satu.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Menanam Tanaman TURNIP"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT