loading...

MENGENAL ANEKA JENIS TANAMAN HIAS BEGONIA


Begonia mempunyai 1000-2000 hibrida. Ada berbagai cara pengklasifikasian begonia. Secara botani pengkasifikasian didasarkan pada bagian yang ada di dalam tanah yang terdiri dari kelompok rizoma, kelompok umbi akar dan kelompok umbi rambut. Khusus untuk tanaman hias begonia dikelompokkan menjadi Begonia berbunga indah dalam pot, Begonia berdaun indah dalam pot dan Begonia berbunga untuk tanaman bedengan. 


Begonia Daun Indah dalam Pot
Begonia jenis ini yang menonjol adalah daunnya yang menarik, sebenarnya begonia tipe ini juga menghasilkan bunga, namun bunga yang ada tidak terlalu berfungsi untuk hiasan sehingga saat muncul bunga sebaiknya dibuang/dipotes. Spesies asal dari kelompok ini adalah Begonia rex, namun spesies ini sekarang sudah tidak begitu eksis digantikan oleh hibrida-hibridanya yang banyak berkembang. Begonia daun memiliki beragam bentuk daun yaitu bentuk bintang, oval menyebar dan sebagainya. Ukurannya juga beragam mulai dari panjang 1 kaki (Begonia ricky minter dan beberapa varietas Begonia rex) hingga yang panjangnya ½ inci (Begonia foliosa). Permukaan daunnya ada yang berlilin dan lembut, ada juga yang kasar dan penuh kerutan. Hampir semua Begonia daun menghasilkan rizoma yang menjalar atau pun berada di dalam tanah. Pertumbuhan tanaman ini biasanya menyemak maupun menjalar, ada juga yang tumbuh vertikal. Begonia daun tidak menyukai air yang berlebihan dan sinar matahari langsung, mereka membutuhkan kondisi yang hangat. Begonia kelompok ini hanya mampu bertahan selama 1-2 tahun. Namun tanaman ini sangat mudah dan cepat diperbanyak.

Tips: * Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 60 F
* Cahaya ternaungi, lindungi dari sinar matahari langsung
* Pemberian air teratur, jaga permukaan tetap kering, daun jangan dibasahi
* Pengkabutan secara teratur
* Penggantian media 1 tahun sekali
* Perbanyakan dengan stek daun

Tipe:
  • Begonia rex, merupakan yang paling dominan pada kelompok ini, varietas yang ada diantaranya Presiden Carnot (daun warna hijau dan perak), Helen Teupel(Merah, hijau dan merah muda) King Edward IV (ungu dan merah), B.rex juga ada yang bentuknya mini.
  • Begonia masoniana, hampir mirip Begonia rex, tapi daunnya berkerut dan bentuknya seperti hati
  • Begonia maculata, bentuknya cukup berbeda, buluhnya seperti batang dengan panjang mencapai 9 inci, daun panjang. Ada bintik-bintik putih di bagian atas daun dan pada bagian bawah berwarna merah.
  • Begonia metallica, termasuk spesies yang tinggi, daun bagian atas hijau metallic dan bagian bawah serta tulang daun berwarna merah.
  • Begonia festii = Begonia erythrophylla mempunyai daun berdaging dengan warna daun bagian atas hijau dan bagian bawahnya merahvarietas Bunchii mempunyai tepi daun keriting
  • Begonia boweri, bisa mencapai ketinggian 6-9 inci hibridanya Begonia tiger dan Begonia Cleopatra = Begonia maphii, tanaman kecil dan berbentuk semak, tinggi 6-9 inci dengan warna daun perunggu.
  • Begonia cleopatra = Mapple leaf begonia, daun dipenuhi dengan bulu-bulu kecil warna putih, bentuknya seperti daun mapel.
  • Begonia solanthera (daun berlilin) dan Begonia imperialis (daun keunguan), keduanya termasuk begonia tipe pemanjat.
  • Begonia foliosa, memiliki daun oval yang mirip paku-pakuan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

2 Responses to "MENGENAL ANEKA JENIS TANAMAN HIAS BEGONIA"

  1. mhn infonya dimana saya bisa membeli begonia daun

    BalasHapus
  2. Saya mau nanya,Kalau begonia dengan daun berbentuk bintang, dan bunga berwarna pink, termasuk apa namanya. Saya searching sampedua jam menemukan bentuk mirip flamenco. Tapi belum jelas. Terima kasih, salam kenal. Kunba yaaa

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT