KOLEKSI IKAN-IKAN HIAS TERCANTIK

Bagi anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias, berikut ini ada beberapa ikan hias tercantik yang dapat anda koleksi. Ikan hias berikut ini memiliki harga yang sudah pasti sangan mahal. Ikan-ikan ini termasuk dari bagian ikan hias primadona bagi para pencinta dan pemelihara ikan hias. Dari salah satu daftar ikan yang ada termasuk ikan langka yang tidak ditemukan di Indonesia, sehingga untuk memilikinya tentu saja harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai nama-nama dan jenis ikan yang paling banyak dicari dan diminati pencinta ikan hias dan merupakan ikan hias tercantik dan termasuk jajaran ikan hias termahal didunia. Silahkan anda perhatikan gambar ikan dibawah ini, mana kira-kira yang termasuk ikan terindah, terbagus dari 7 dafta nama dan jenis ikan hias dibawah ini.

1. Ikan Discus

Ikan ini merupakan spesies ikan air tawar yg mungkin merupakan ikan air tawar yg paling cantik. Harganya juga mahal, anak ikan yang panjangnya sekitar 3 inchi berkisar antara $50-$80

.

Discus adalah spesies ikan air tawar asli lembah Sungai Amazon, Amerika Selatan. Discus pertamakali dikenalkan pada tahun 1840 oleh Dr. Heckel dengan nama Symphysodon Discus. Varian Discus aslinya digolongkan ke dalam 3 jenis berdasarkan warna, yaitu Symphysodon aequifasciata aequifasciata (Green Discus), Symphysodon aequifasciata axelrodi (Brown Discus), dan Symphysodon aequifasciata haraldi (the blue variant). Discus sangat populer sebagai ikan akuarium dan kadang disebut sebagai rajanya ikan hias. Discus yang indah dan memiliki bentuk yang sempurna, berasal dari bibit dan kondisi pertumbuhan yang baik sejak lahir.

Diskus adalah jenis ikan yang hidup secara berkelompok (social fish). Bahkan di alam bebas, aslinya mereka hidup dalam kelompok besar dan merupakan salah satu dari sedikit jenis ikan yang mampu belajar. Oleh karenanya, harus diingat bagi para hobbies untuk membeli ikan diskus dalam jumlah lebih dari satu. Diskus membutuhkan interaksi sosial sesama mereka untuk memunculkan karakter asli ikan diskus.

2. Mandarinfish 


Ada 2 varietas dari spesies ini: Mandarinfish standar dan Psychedelic Mandarin. Yang standar biasanya memiliki pola dan warna yg lebih bagus dibanding Psychedelic. Harganya ga lebih dari $20 per ekor. Ikan yang memiliki nama ilmiah “Synchiropus splendidus” ini sangat tertutup dengan siang hari, tetapi dapat dilihat bertengger di atau melompat antara cabang karang. Mereka berenang dengan berdenyut cepat sirip mereka yang cenderung membuat mereka terlihat seperti mereka melayang seperti burung bersenandung.

Mandarinfish adalah salah satu dari beberapa ikan laut yang tidak memiliki sisik. Sebagai kompensasi pelindung kurangnya sisik, ikan mandarin dilindungi oleh kulit lendir berlapis berlendir dan bau, yang tidak hanya melindungi mereka dari sebagian besar penyakit kulit parasit, tetapi juga menghambat predator karena rasa mengerikan. Warna terang hidup mereka juga berfungsi untuk memberikan peringatan kepada predator dari bau buruk mereka dan rasa. 

3. Ikan African Cichlids

Ikan ini diucapkan sebagai “Sick-Lids”. Ikan ini ditemukan di 3 danau di Afrika: Malawi, Tanganyika, dan Victoria. Spesies yg ada di Danau Victoria jumlahnya kurang beragam dan kurang berwarna-warni dibandingkan dengan lainnya. Biasanya mereka tumbuh hingga 6-7 inchi, dengan pengecualian untuk Spesies Frontosoa, yg bisa tumbuh sampai 12-14 inchi. Ikan-ikan ini hidup di air tawar yg bisa dengan gampang dipiara di akuarium rumahan. Selain di Afrika, ada juga spesies ikan ini yg idup di perairan Amazon, tapi ukurannya lebih besar dan lebih agresif dari yg di Afrika. 

4. Parrotfish

Meskipun ikan ini memiliki cara makan yang terbilang unik, namun ikan ini menjadi ikan hias yang indah untuk dimiliki. Dinamakan demikian karena bentuk mulutnya yg mirip paruh burung. Ikan ini menggunakan mulutnya yg seperti paruh itu untuk memecah dan memakan invertebrata kecil yg hidup di daerah koral. Biasanya mereka akan memakan utuh-utuh bebatuan koral atau pasir-pasir laut lalu mengunyah invertebrata yg ada di dalamnya, lalu membuang sisa-sisanya. 

5. Ikan Koi

Ada banyak variasi warna dari ikan koi (sekitar 100an). Koi dapat memiliki warna perak, oranye, merah, putih, keemasan, hitam atau dengan kombinasi warna yang berbeda-beda dan unik. Beberapa penggemar koi rela membayar ribuan dolar untuk seekor koi hanya untuk mencari pola warna koi yg langka.

6. Regal Tang

Ikan ini tergolong dalam family Surgeonfish, yg memiliki pisau kecil dari zat kapur yg dapat disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi predator. Ikan dengan nama Ilmiah “Paracanthurus hepatus” berasal dari keluarga “Acanthuridae” dapat mencapai ukuran: 31 cm, dan dapat hidup hingga 20 tahun.

7. Coral Beauty 

Ikan ini tergolong dalam Angelfish. The Beauty Coral adalah ikan damai yang dikenal untuk beradaptasi dengan baik untuk hidup dalam akuarium. Sebuah akuarium 40 galon / 150 liter cukup jika Anda hanya berencana untuk perumahan Beauty Coral Anda dengan makhluk lainnya, namun satu galon 100/375 liter akuarium atau lebih besar akan membuatnya lebih mudah untuk menjaga kualitas air cukup tinggi. Akuarium harus mengandung banyak celah-celah untuk Kecantikan Coral untuk mencari perlindungan masuk Menambahkan live rock dianjurkan, karena hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ganggang alami.

Ada juga jenis ikan lain yaitu Ikan dengan nama umum Flame Angel, Ikan ini memikiki hubungan dekat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama seperti Coral Beauty, tapi sifatnya tidak ‘seteguh’ Coral Beauty. 


Itulah beberapa jenis ikan hias tercantik yang dapat kita koleksi, semoga bermanfaat.


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog