loading...

Usaha Pembibitan Ikan Konsumsi Menguntungkan



tipspetani:Usaha Pembibitan Ikan Konsumsi Menguntungkan


Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar usaha kecil yang menguntungkan. Terus meningkatnya permintaan ikan konsumsi tentu meningkatkan kebutuhan benih atau bibit ikan untuk dibesarkan oleh petani atau pembudidaya pembesaran ikan. Tak ayal permintaan bibit pun melonjak tajam. Namun sayang tingginya permintaan, tidak diimbangi dengan pasokan bibit dari pembibitan ikan yang tersebar di berbagai daerah. Peluang inilah yang sangat menjanjikan untuk dijalankan karena usaha modal kecil ini memang sangat menguntungkan. Betapa tidak, dengan modal kecil dan lahan terbatas usaha pembibitan ini bisa dilakukan siapapun dan dimana saja. Menariknya lagi, waktu pembibitan yang sangat cepat dan tingginya permintaan bibit ikan, membuat pembenih bisa balik modal dalam waktu singkat. Dua jenis ikan konsumsi yang memiliki permintaan paling tinggi adalah ikan mas dan ikan lele. Untuk kota Jakarta saja permintaan ikan mas mencapai 10 ton tiap harinya, yang baru terpenuhi baru sekitar 5 ton yang di supai dari berbagai daerah. Begitu juga dengan ikan lele, dengan permintaan menembus anggka 85 ton setiap harinya dan baru dapat dipenuhi sekitar 50 ton saja. Selain Jakarta, untuk daerah Yogyakarta dan Semarang saja permintaan ikan mas dan lele sekitar 25 – 35 ton tiap harinya. Dari total kebutuhan tersebut, 30% masih disuplai dari Jawa Timur. Tak ayal besarnya permintaan kedua ikan tersebut akan meningkatkan pula permintaan akan benih ikan mas dan ikan lele.


Usaha pembenihan ikan konsumsi khususnya ikan mas dan lele ini tergolongusaha kecil yang sangat menguntungkan karena dengan terbatasnya pasokan benih ikan menunjukkan potensi usaha pembenihan ikan konsumsi ini sangat menjanjikan, bahkan keuntungannya bisa mencapai lebih dari 100%. Misalnya saja dari satu indukan bisa menghasilkan 100 ribu benih lele, yang setelah dipelihara 40-45 hari bisa dijual dengan harga sekitar Rp 200-Rp 225 per ekor benih ukuran sekitar 6-7 cm. Maka omset yang dapat diraup sekitar Rp 20-22,5 juta. Hitung saja jika petani pembibit memiliki puluhan induk yang siap dipijah (dikawinkan) yang kemudian menghasilkan benih.


Usaha Kecil Menguntungkan

Adapun modal yang diperlukan untuk menjadi pembibit ikan tidaklah terlalu besar. Bagi pemula bisa memulai dengan membeli 1 induk betina dan 1 induk jantan yang memerlukan modal sekitar Rp 250-300 ribu. Untuk kolam bisa menggunakan kolam terpal dengan ukuran mulai dari 2x1x0,8 meter yang memerlukan modal sekitar Rp 500-600 ribu. Sedangkan untuk peralatan, pakan, vitamin, probiotik, karyawan dan biaya penyusutan kolam modal yang diperlukan tak lebih dari Rp 6-7 juta tiap bulan. Dengan demikian hanya dengan modal total sekitar Rp 8 juta bisa mendapatkan keuntungan lebh dari 100% atau sekitar Rp 20 jutaan, menggiurkan bukan ? Siapa yang tidak tertarik dengan besarnya keuntungan yang dijanjikan dari usaha pembenihan ini. Namun jangan membuat anda gegabah dalam mengambil keputusan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum nyebur menjadi pembenih ikan konsumsi ini. Kunci sukses usaha pembenihan ikan terletak pada pemilihan bibit, kondisi kolam, pemeliharaan kualitas air, pemberian pakan vitamin dan probiotik.

Panen adalah waktu yang paling ditunggu setiap petani ikan. Benih lele bisa dipanen mulai dari umur 40-45 hari dengan ukuran 5-7 cm. Lain halnya dengan benih ikan mas yang sudah bisa dipanen umur 14-20 hari dengan ukuran 3 cm. Waktu panen biasanya dilakukan 2-3 kali karena benih yang dihasilkan tidak seragam. Sementara itu, benih ikan yang dihasilkan dari pemijahan tersebut biasanya dijual petani pembenihan ke Bandar 9tengkulak). Namun tak jarang mereka juga langsung menjual ke petani pembesaran atau ke pasar ikan/ sentra bibit/ benih ikan yang banyak tersebar ke berbagai daerah.

Demkianlah sekilas informasi seputar usaha pembibitan ikan konsumsi yang termasuk golongan usaha yang menguntungkan. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari peluang usaha kecil atau yang ingin terjun memulai usaha pembibitan ikan konsumsi. Semoga sukses.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog