loading...

MANFAAT TANAMAN BENGLE UNTUK PENGOBATAN

MANFAAT TANAMAN BENGLE UNTUK PENGOBATAN
Bengle (Zingiber purpureum Roxb) Merupakan tumbuhan berasal dari Asia tropika, dari Negara India dan akhirnya sampai ke Indonesia. Untuk didaerah Jawa Bengle banyak ditanam dipekarangan rumah yang cukup mendapat sinar matahari, mulai dari dataran rendah sampai 1.300 m dari permukaan laut.

Tanaman bengle tumbuh berdiri dengan tinggi 1-1,5 m, membentuk rumpun yang agak padat, berbatang semu dan terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya berambut sikat, dengan daun tunggal dan menyilang. Bengle memiliki rimpang yang menjalar dan berdaging, bentuknya hampir bundar dan juga tidak beraturan. Permukaannya tidak rata, berkerut dengan warna coklat muda kekuning-kuningan, bila dibelah berwarna kuning muda sampai kuning kecoklatan, rasanya pahit dan pedas. Dalam pempudidayaan bengle dengan stek rimpang.

Bengle merupakan tanaman obat, ini tentu karena khasiat bengle yang bagus untuk kesehatan, terutama untuk beberapa penyakit seperti demam dan masuk angin, bagian yang dipakai adalah rimpangnya.
Berikut ini adalah beberapa khasiat bengle dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional

CacinganAmbil 3 jari rimpang bengle, dua jari temu hitam, 5 biji ketumbar dan 5 lembar tangkai daun sirih, kesemua bahan ramuan tersebut iris-iris tipis. Kemudian semua bahan ditumbuk sampai halus. Tambahkan ½ cangkir air masak. Aduk sampai rata, peras lalu saring ambil air dan minum sekaligus.

Demam dan masuk anginSiapkan 15 gram rimpang bengle yang masih segar, lalu cuci dan parut, tambahkan ½ cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk sampai merata, lalu peras dan saring ambil airnya. Minum air perasan tersebut 2 kali sehari.

Perut mulesSiapkan rimpang bengle, jahe, kencur dan lempuyang wangi ½ jari tangan. Semua bahan ramuan tersebut kita cuci sampai bersih lalu iris-iris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air sampai airnya berkurang menjadi setengahnya. Setengah dingin disaring, ambil airnya minum sekaligus.

Sakit kuningAmbil ½ rimpang bengle, cuci sampai bersih lalu parut, tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras saring ambil airnya lalu minum airnya dua kali sehari.

Demikianlah beberapa khasiat bengle, untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita, semoga dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan, misteri khasiat bengle akan semakin terkuak.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

1 Response to "MANFAAT TANAMAN BENGLE UNTUK PENGOBATAN"

  1. Mohon maaf, saya membutuhkan nama penulis untuk pengutipan artikel ini. Bolehkah saya meminta nama penulisnya? Yumna Hanifa SMAN 6 Jogja.

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT