loading...

Manfaat Tanaman Kapulaga



http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/manfaat-kapulaga-tanaman-kapulaga.html
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/manfaat-kapulaga-tanaman-kapulaga.html
Kapulaga sangat terkenal di dunia herbal dan obat-obatan alternatif. Kapulaga merupakan rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Kapulaga mengandung +/- 300 kalori per 100 gram. Kandungan lain kapulaga adalah serat, karbohidrat, minyak atsiri, kalium, kalsium, natrium, zat besi, Vitamin A, Vitamin B, vitamin C, dan Magnesium.

Adapun manfaat kapulaga bagi kesehatan dan kecantikan antara lain yaitu:

1. Memperlancar Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Lambung

Mengkonsumsi kapulaga dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini mengakibatkan, pencernaan makanan berlangsung lancar. Demikian pula dengan serat yang dikandung oleh kapulaga mampu mencegah sembelit. Minyak atsiri yang dkandung oleh kapulaga dapat mencegah terjadinya gas pada perut. Jadi, kapulaga dapat mencegah Perut kembung. Selain itu luka lambung yang biasa disebut ulkus dapat diobati oleh Cineol, dimana cineol ini merupakan sejenis minyak yang dibuat dari kapulaga. Hal ini disebabkan oleh zat pada kapulaga yang bersifat anti-bakteri.

Meningkatkan peredaran darah

Kapulaga membantu untuk melancarkan peredaran darah. Rempah-rempah ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, dan mencegah Pembekuan Darah. Hal ini terkait dengan serat dan kalium yang terkandung didalamnya. Tekanan darah menjadi normal akibat natrium di dalam tubuh netral.

Menghilangkan Rasa Nyeri

Kapulaga bersifat analgesic sehingga dapat menghilangkan nyeri otot, rasa sakit, dan kejang. Kapulaga juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada gusi.

Menjaga Kesehatan ginjal

Penelitian menemukan bahwa Kapulaga bersifat diuretik dan berperan dalam kesehatan ginjal. Kapulaga juga efektif mengobati penyakit di saluran kemih, seperti sistitis dan nefritis.

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Kapulaga yang dikonsumsi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini baik untuk perlawanan terhadap bakteri maupun patogen lain.

Menghilangkan Depresi

Kapulaga dapat digunakan sebagai aromaterapi, mengurangi ketegangan syaraf, mengatasi depresi. Menyeduh segelas kapulaga saat depresi membuat suasana hati membaik.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kapulaga punya kemampuan untuk memperlancar peredaran darah. Jadi, sehat bagi jantung anda.

Membantu Mengatasi Flu dan Batuk

Kapulaga juga dapat membantu mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma. Kapulaga dapat memberikan efek menenangkan dan hangat serta membantu mengencerkan dahak sehingga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung dan tenggorokan.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mengunyah Kapulaga dapat menyebabkan mulut berbau harum. Nyeri pada Gigi juga dapat dicegah oleh kapulaga. Anti-bakteri pada kapulaga mencegah infeksi.

Mencegah Kanker

Kapulaga juga bersifat anti-karsinogen yang dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan fitokimia pada Kapulaga seperti DIM (diindolilmetan) dan IC3 (indol-3-karbinol) sangat efektif mencegah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Menjaga Kecantikan Kulit dan Kesehatan Rambut

Nutrisi pada kapulaga berupa vitamin, minyak atsiri, dan antioksidan dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nutrisi tersebut juga menghambat pembentukan keriput, juga bagus sebagai obat awet muda. Vitamin C pada kapulaga efektif untuk kesehatan kulit. Jerawat dan flek hitam pun dapat dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga. Hal ini karena kapulaga bersifat anti-inflamasi sedangkan sifat anti-bakteri pada kapulaga efektif mempertahankan kesehatan kulit dari alergi. Kapulaga memberi nutrisi yang diperlukan oleh kulit kepala, menjaga kelembaban kulit kepala. Menerapkan kapulaga pada rambut membuat akar rambut menjadi kuat, bersih dari ketombe, rambut berkilau.

Diet alami menggunakan kapulaga

Kapulaga dapat menurunkan lemak tubuh. Serat pada kapulaga memperlancar proses pencernaan dan mempertahankan rasa kenyang.

Mengobati gatal pada Tenggorokan

Kapulaga sangat efektif bagi penderita Asma maupun batuk rejan. Kapulaga juga mengandung spasmodic yang dapat mencegah kejang. Kapulaga dapat dibuat ramuan alami untuk mengobati gatal pada temggorokan, dan batuk. Cukup dengan mencampurnya dengan madu alami.

Mengeluarkan racun pada tubuh

Kafein pada kopi merupakan salah satu racun bagi tubuh. Dengan Kapulaga, racun pada tubuh dapat dihilangkan.

Meredakan Sakit Kepala

Kayu cendana dan kapulaga sering digunakan oleh orang India dalam bentuk pasta. Menambahkan kapulaga ke dalam minuman teh atau susu, dapat meredakan sakit kepala.

Meningkatkan Stamina

Sifat afrodisiak pada kapulaga mampu mengobati penyakit impotensi.
Pelengkap Artikel tentang Kapulaga

loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog