loading...

TEKNIK TEPAT PENGOLAHAN TANAH DENGAN CANGKUL ATAU PACUL



http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html



Cangkul atau Pacul adalah satu jenis alat pertanian tradisional yang digunakan dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali ataupun untuk meratakan tanah. 

Cangkul masih digunakan sehingga masa ini untuk menjalankan kerja-kerja menggali yang ringan di kebun ataupun di sawah. Alat ini merupakan elemen penting dalam bidang pertanian terutama pertanian ladang kering. 

Cangkul dibuat dari baja sehingga alat ini sangatlah kuat. Cangkul atau Pacul merupakan gabungan dari bawak dan pacul itu sendiri. Bawak merupakan bagian kepala atau bagian atas dari cangkul. Sedangkan pada bagian landepan atau bagian bawahnya sering kita sebut dengan pacul juga. 


baca juga : PERALATAN DAN MESIN PENGOLAHAN PANEN PADI


Pada bagian kepala terdapat lubang yang berfungsi untuk dipasangi garan pacul atau sering disebut doran. Dengan dipasangnya doran akan mempermudah dalam menggunakan alat cangkul ini. Untuk lebih jelas mengenai alat pertanian cangkul bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 




http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html


Gambar : Cangkul atau Pacul


http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html


Gambar : Pacul dan Bawak


Awalnya pekerjaan mencangkul berat, namun setelah mengetahui teknik mencangkul yang tepat, akhirnya mencangkul mengolah tanah menjadi pekerjaan yang menyenangkan. 

Mencangkul merupakan teknik dasar dalam mempersiapkan media tanah yang optimal bagi pertumbuhan tanaman. 


Dengan mencangkul manual kita bisa belajar melihat lebih dekat bagaimana struktur dan tekstur tanah. 

Memilih teknik pengolahan yang tepat, cukup dengan cangkul manual ataukah perlu pengolahan teknis semacam traktor. Ya kuliah kan tempat kita belajar memilih dengan pilihan tepat.

Sebenarnya tips mencangkul yang bisa meringankan pekerjaan sangat sederhana.
  • Mencangkul dengan jalan ke depan, bukan jalan mundur. Hal ini akan sangat memudahkan kita dalah mengambil tanah pada bagian paling pinggir, sehingga mata cangkul akan mengenai tanah yang paling ringan. 
  • Sering-seringlah membersihkan tanah yang menempel di bagian mata cangkul. Semakin tebal tanah yang menempel di bagian mata cangkul, maka semakin berat untuk mengayunkan cangkul, selain itu tanah yang menempel membuat mata cangkul menjadi tidak tajam.
  • Gunakanlah baju lengan panjang, dan penutup kepala untuk melindungi tubuh dari sengatan panas matahari.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog