loading...

ANEKA JENIS TANAMAN PANGAN



Mungkin kita hanya mengenal tanaman pangan itu hanya padi,jagung dan sagu oleh karena itu pada artikel ini membahas penggolongan tanaman pangan menjadi beberapa bagian berdasarkan jenis tanaman biji-bijian (serealia), kacang-kacangandan umbi-umbian.

TANAMAN PANGAN.
Tanaman pangan dalam arti luas merupakan kebutuhan yang mendasar atau pokok untuk memenuhi ketercukupan nutrisi tubuh manusia akan karbohidrat, protein,vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk keberlangsungan dan kesehatan hidup manusia.
Tanaman pangan dibagi menjadi tiga(3) golongan:
  • Tanaman Biji-bijian(serealia).
  • Tanaman Kacang-kacangan.
  • Tanaman Umbi-Umbian.

TANAMAN BIJI-BIJIAN(SEREALIA)
Tanaman serealia atau sekelompok jenis tanaman pangan yang pemanfaatan tanaman melalui biji atau bulir yang digunakan sebagai sumber karbohidrat.
Jenis-Jenis Tanaman Serealia antara lain:

Padi (Oryza sativa L). Tanaman padi merupakan golongan kerabat dekat dengan rumput-rumputan (Poaceae) berakar serabut, batang berbuku dan berongga membentuk rangkaian daun sebagai penopang daun,bunga tersusun majemuk,bulir padi terdapat pada malai dimiliki oleh anakan padi dan memiliki warna hijau muda hinggga hijau tua..Dewasa ini teknologi didunia pertanian telah mengalami kemajuan terlihat dari jenis-jenis tanaman padi yang dapat menyesuaikan dengan kondisi tempat seperti padi gogo,padi rawa,padi pera dan padi ketan dan hasil pemulia tanaman untuk menciptakan berbagai ragam varietas unggulan tanaman padi.
Tanaman Padi (Oryza sativa.L)

Jagung (Zea mays ssp). Tanaman jagung masih termasuk golongan famili Poaceae, berakar serabut, batang beruas-ruas berdiri tegak,daun sempurna (pelepah, tangkai, helai daun),berumah satu (monoecious),bunga tersusun majemuk (bunga jantan berbentuk malai dan bunga betina berbentuk tongkol). Pemanfaatan tanaman jagung tidak hanya terbatas sebagai olahan pangan dan pakan ternak akan tetapi dewasa ini pemanfaatan tanaman jagung telah memasuki pasar industri bahan olahan biji jagung,kimiawi dan farmasi. Berdasarkan bentuk dan tipe biji tanaman jagung dapat dibedakan menjadi 7 kategori (jagung mutiara,jagung manis,jagung gigi kuda,jagung pod,jagung brondong,jagung ketan (pulut) dan jagung tepung)
Tanaman Jagung (Zea mays spp).

Gandum (Triticum spp).Tanaman gandum tergolong famili Poaceae,berakar serabut,batang beruas dan berongga,daun tumbuh tegak atau melengkung,berbunga majemuk,memilliki sistem penyerbukan sendiri (self polination) dan untuk struktur biji tersusun atas 3 bagian kulit (bran),endosperma (bagian inti)dan bagian lembaga (cangkang). Tanaman gandum kaya akan nutrisi tinggi seperti; Serat pangan,protein,vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor,seng, mangan ,selenium,vitamin E, zat besi ,lemak essensial dan tidak mengandung kolesterol. Dewasa ini pemanfaatan gandum ditelah merambah di industri makanan pokok dan pakan ternak.Berdasarkan bentuk biji dan tekstur tanaman gandum dapat dibedakan menjadi tiga (3) yaitu :Triticum aestivum,Triticum compactum dan Triticum durum.
Tanaman Gandum (Triticium spp).

Sorgum (Sorghum spp). Tanaman sorgum tergolong kedalam famili Poaceae,berakar serabut, batang berbuku-buku dan berdiri tegak,bentuk daun melengkung,bunga tumbuh dari malai terdapat pada ujung batang.sistem pembungaan tergolong hermafrodit (satu tanaman terdapat kelamin jantan dan betina) dan tanaman sorgum terlihat seperti tanaman jagung. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman sorgum antara lain; protein, lemak, karbohidrat, air, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), Besi (Fe) dan magnesium (Mg).oleh karena itu pemanfaatan sorgum secara luas dilakukan bidang industri;bahan pangan, bahan pakan ternak dan bahan bakar alternatif (bioetanol). Terdapat jenis-jenis varietas tanaman sorgum hasil pemulian tanaman untuk menciptakan varietas unggulan sorgum.

Tanaman Sorgum(Sorghum spp).

TANAMAN KACANG-KACANGAN.
Tanaman kacang-kacangan tergolong dalam kerabat dekat tanaman polong-polongan (Fabaceae )tumbuhan dikotil,memiliki ukuran relatif besar,banyak mengandung protein,karbohidrat,folat dan besi.

Jenis-Jenis Tanaman kacang-kacangan antara lain:

Kacang tanah (Arashis hypogeae L).
anaman kacang tanah tergolong kedalam familifabaceae, memiliki sistem morfologi perakaraan tunggang dan berbintil (nodul),batang berukuran pendek, berbuku dan tunggal,bentuk daun majemuk dan memiliki polong yang tumbuh didalam tanah.tanaman ini berasal dari Negara Brazillia, Amerika Selatan, dan kacang tanah di Indonesia merupakan tanaman terpenting ke-dua (2) dalam jenis kacang-kacangan setelah kedelai. Kondisi iklim Indonesia yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman ini menjadikan tanaman mudah sekali beradaptasi, berdasarkan informasi pasar terkini untuk harga kacang tanah kupas kering berkisar Rp.17.000-Rp.18.000 dan untuk kacang tanah basah berkulit Rp.8000.-Rp.9000, hal ini menjadi prospek budidaya kacang tanah cukup menjanjikan untuk dibudidayakan.


Tanaman Kacang Tanah (Arashis hypogeae.L)

Kacang Hijau (Vigna radiata L).
Tanaman kedelai tergolong famili fabaceae,akar tunggang,batang tegak,bulat,berbulu,daun terdapat tiga (3) helai daun yang letak berselingan,bunga muncul pada batang dan tersusun pada tandan,sistem penyerbukan sendiri dan buah kacang hijau berbentuk polong. Tanaman kacang hijau merupakan tanaman palawija terpenting ketiga setelah tanaman kedelai dan tanaman kacang tanah,dan merupakan sumber nabati hayati tertinggi jenis suku polong-polongan. Pembudidayaan kacang hijau memerlukan pemeliharaan yang intensif untuk menghasilkan biji kacang hijau yang berkualitas dan bermutu baik.

Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata.L)

Kedelai (Glycine max L).
Tanaman kedelai tergolong famili fabaceae, memiliki sistem perakaran tunggang,batang berkambium, tumbuh merambat,daun tunggal dan bentuk daun bertiga (trifoliate),buah kedelai berbentuk polong,bunga sempurna (setiap bunga memiliki alat kelamin jantan dan betina). Kandungan sumber protein nabati yang tinggi kaya vitamin B, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan serat. Tinggi permintaan pasar terhadap hasil olah berbahan baku kedelai menjadikan biji kedelai mempunyai harga yang terbilang tinggi berkisar 6000-7000/kg untuk biji kedelai kering ini yang kemudian menjadikan budidaya tanaman kedelai menjadi prospek bisnis budidaya cukup menjanjikan.

Tanaman Kedelai (Glycine max L.)

TANAMAN UMBI-UMBIAN:
Tanaman umbi-umbian adalah tumbuhan atau tanaman yang mengalami modifikasi (perubahan) baik ukuran, bentuk,dan fungsinya.

Jenis-Jenis Tanaman Umbi-umbian antara lain:

Ubi Jalar (Ipomae batatas). 
Tanaman ubi jalar merupakan tanaman dari familiConvolvulaceae (Suku Kankung-kankungan) memiliki batang yang menjalar dan pertumbuhan dapat berupa semak-semak. Terdapat jenis varietas Budidaya Ubi Jalar di Indonesia yang dikembangkan oleh Departemen Pertanian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Balitkabi) antara lain: Cilembu, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Ibaraki, Lampeneng, Sawo, Rambo, Jahe, Kleneng, Gedang, Tumpuk, Layang-layang,Goergia,Karya,SQ-27dan Daya.

Tanaman Ubi Jalar (Ipomae batatas)

Talas (Colocasia esculenta).
Tanaman Talas merupakan tanaman dari golongan talas-talasan (Araceae),monokotil (tanaman berkeping satu (1)),memiliki sistem perakaran serabut,berbatang pendek dan berbulu,bunga sempurna (helai daun,pelepah,tangkai daun).Tanaman talas atau keladi di Indonesia dimanfaatkan sebagai tanaman pokok dan makan tambahan. Bagian dari tanaman talas seperti; umbi,pelepah dan daun talas itu dimanfaatkan sebagai olahan bahan makanan,pakan ternak,pakan ikan dan pembungkus makanan yang mengandung nilai karbohidrat tinggi,protein,lemak dan vitamin. Terdapat jenis-jenis talas yang bernilai ekomonis tinggi yang banyak dibudidayakan di Indoensia.

Tanaman Talas (Colocasia esculenta).

Singkong (Manihot esculenta).
Tanaman singkong atau ketela pohon tergolong kedalam genus Manihot,berakar tunggang dengan akar cabang menjadi umbi,tanaman perdu mencapai tinggi 5-7 meter dan sistem percabangan yang jarang, 

Tanaman Singkong merupakan jenis tanaman yang tumbuh baik di daerah Tropis dan berasal dari Amerika (Brazil dan Paraguay) dengan penamaan ilmiah Manihot esculenta. Budidaya Singkong di Indonesia terbilang sangat populer dan familiar dengan beragam varietas singkong budidaya pangan dan kebutuhan industri Etanol,dalam kurun waktu 15-tahun terakhir ini dan tanaman singkong saat ini menempati urutan tiga (3) sebagai makan pokok sumber karbohidrat tertinggi setelah padi dan jagung yang mempunyai manfaat dan khasiat tanaman singkong bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanaman Singkong (Manihot esculenta).

Kentang (Solanum tuberasum).
Tanaman kentang tergolong kedalam famili Solanaceae,memiliki batang yang berongga dan berkayu,daun majemuk terdiri tangkai daun dan anak daun dan sistem bunga hermafrodit. Di Indonesia tanaman kentang dibudidayakan secara komersial pada tahun 1811, pemanfaatan tanaman kentang terletak pada bagian umbi dengan masa tanam 90-180 hari bisa dipanen,tergantung dengan jenis varietas yang dipilih, kandungan umbi kentang antara lain; karbohidrat tinggi,protein,asam amino esensial,sumber vitamin dan mineral yang dominan dimanfaatkan untuk industri makan.

Tanaman Kentang (Solonum tuberasum)
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



1 comments:

Unknown mengatakan...

apakah prospek budidaya tanaman hortikultura saat ini bagus??

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog