loading...

TANAMAN BERACUN ASLI INDONESIA : GYMPIE GYMPIE





 tanaman beracun sangat mematikan



Tanaman Paling Mematikan di Dunia, Asli Dari Indonesia Mungkin nama tanaman yang satu ini jarang terdengar oleh kita semua, Gympie-Gympie. Tanaman ini terlihat seperti tanaman biasa pada umumnya, akan tetapi tahukah kamu jika tanaman tersebut salah satu tanaman asli Indonesia yang sangat mematikan di dunia dan hanya dalam satu sentuhan saja.

Gympie-Gympie Tanaman Paling Mematikan di Dunia memang itulah kenyataanya. Sekali kamu bersentuhan dengan tanaman ini, kamu akan merasakan panas seperti tersengat, selanjutnya racun akan mentebar dan akhirnya jika tak bisa tertolong akan meningal dunia. Korban selamat dari daun ini sempat menceritakan bagaimana ganasnya tanaman asli Indonesia dan Australia ini. Ketika tangan kamu sentuh daun maupun pohon Gympie, maka seperti tersengat aliran listrik, lalu tulang seakan kaku, dan jika sudah kronis maka dipastikan akan tewas.




Pertama kali, tanaman mematikan ini ditemukan ditengah hutan rimba di daerah Maluku. Ciri khas tanaman ini, mempunyai daun, batang, dan buah berwarna ungu tetapi ditutupi adanya rambut kecil seperti jarum suntik, kecuali pada bagian akarnya yang memang aman. Jika seseorang menyentuh rambut kecilnya, maka dengan repleks rambut kecil tersebut akan mengeluarkan racun dan melepaskan toksin yang sangat menyakitkan yang dikenal dengan Racun moroidin.


Uniknya lagi, walaupun kamu hanya berdiri di daerah tanaman mematikan ini, kamu akan langsung merasakan gatal, panas, ruam, bersin, sampai hidung berdarah. Sungguh tanaman berbahaya sekali. Menurut ahli virus, Dr Mike Leahy mengungkapkan, paling pertama yang akan dirasakan adalah mereka merasa adanya sebuah sensasi terbakar yang sangat intens juga sangat menyakitkan, selanjutnya bengkak di ketiak, paling kronis adalah kematian.




Pada tahun 1996, salah seorang yang menjadi bukti korban keganasan tanaman Gympie-Gympie adalah A. C Macmillan, jika daun tersebut telah membunuh kuda kesayangannya usai kakinya bergesekan dengan daun dari tanaman tersebut. Sampai sekarang, pohon asli Indonesia ini ditakuti oleh para pemburu hewan di dalam hutan, malahan, jika ada pohon ini maka kementrian kehutanan akan langsung memberikan warning supaya menjauhi tanaman pembunuh ini.

===
Walaupun kurang populer disebut sebagai tanaman hias, namun tanaman ini seringkali juga tumbuh liar hutan bahkan dipekarangan bersama bunga lain. Bahayanya, ia memiliki racun yang sangat mematikan. Ciri ciri tanaman ini adalah memiliki daun seperti bentuk hati dan biasanya tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku Indonesia. Bahkan, racun tanaman ini mampu membunuh anjing, kuda, apalagi manusia. Hanya orang yang beruntunglah bisa bertahan hidup dari racun tanaman ini, karena saking kuatnya jenis racun yang terkaandung. Jika anda sedang pergi kehutan sebaiknya berhati-hati jika melihat tanaman jenis ini karena sakit yang ditimbulkan bisa berbulan bulan hingga bertahun tahun.

Bahkan, meskipun tanaman ini sudah mengering selama beratus-ratus tahun, namun racunnya terkandung masih tetap ada dan sama ampuh dan menyakitkan dengan ketika masih segar. Gympie Gympie memiliki daun berbentuk hati dengan buah berwarna ungu, daun batang dan buah tanaman ini biasanya ditumbuhi bulu halus. bulu halus inilah yang mampu menembus kulit korbannya dan melepaskan jenis racun moroidin. Terkadang hanya berdiri di dekat tanaman ini anda bisa merasakan gatal, bahkan hingga bisa mimisan jika menghirup rontokan bulu dari tanaman ini.



Kadang-kadang, hanya berdiri di dekat Gympie-Gympie dan terkena bulu yang rontok di udara bisa menyebabkan gatal, ruam, bersin hingga mimisan parah.

"Hal pertama yang dirasakan saat terkena Gympie-Gympie adalah rasa panas yang sangat dan bisa berlangsung selama setengah jam hingga akhirnya sangat sakit," kata Mike Leahy, seorang ahli virus.


loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog