loading...

SEKILAS INFO TENTANG TANAMAN KHAT



http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/sekilas-info-tentang-tanaman-khat.html

Belakangan ini kita sering mendengar kata-kata tanaman khat, katinone, chatinone atau metilon yang sunter beredar di infotainment, berita, koran dan media informasi lainnya. Sebenarnya, apa sih ghat, tanaman khat, katinone, chatinone atau metilon itu? Mari kita bahas dan cari tahu apa itu tanaman khat, katinone, chatione atau metilon.


http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/sekilas-info-tentang-tanaman-khat.html

Tanaman Khat (Qat atau Ghat) atau lebih populer di Indonesia dengan sebutan Teh Arab, Khat atau Ghat adalah tanaman dengan nama ilmiah Catha edulis jenis tanaman hias yang daunnya sering dikunyah sebagai tradisi Bangsa Arab selama ribuan tahun. Tanaman ini aslinya berasal dari wilayah Afrika dan Semenanjung Arabia.

Apa kandungan yang terdapat pada tanaman khat ini? Khat mengandung alkaloid monoamine yang disebut katinona, zat stimulan yang mirip amfetamin, yang dipercaya menimbulkan keceriaan, hilangnya nafsu makan, dan euforia. Pada tahun 1980, WHO mengklasifikasikan katinona sebagai obat-obatan yang menimbulkan ketergantungan ringan atau sedang, dengan posisi masih di bawah tembakau dan alkohol.

WHO tidak menyatakan Khat atau Ghat sebagai adiktif. Khat menjadi sasaran organisasi anti narkoba seperti DEA. Peredarannya dikendalikan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman, sementara penanamannya dilegalkan di negara lainnya seperti Djibouti, Etopia, Somalia, dan Yaman.

Tanaman Khat atau Ghat adalah jenis tumbuhan semak atau pohon kecil yang memiliki tinggi 1,4 sampai 3,1 meter, tergantung iklim dan curah hujan. Daunnya lebar dengan panjang 5-10 sentimeter dan lebarnya 1-4 sentimeter. Bunga dihasilkan di deretan ketiak bunga yang memiliki panjang 4-9 sentimeter. Bunga khat berukuran sangat kecil, dengan lima kelopak putih. Buahnya berbentuk persegi dengan kapsul yang memiliki tiga katup, masing-masing berisi 1-3 biji. 

Setelah mengetahui sedikit tentang Tanaman Khat, Katinone, Chatinone atau Metilon, kita lihat perkembangannya di Indonesia. Ternyata tanaman ini sudah tumbuh subur di bumi pertiwi tercinta karena memang Indonesia merupakan tempat dengan curah hujan yang cukup tinggi dan sangat cocok untuk perkembangan tanaman yang menjerat salah satu artis ternama Indonesia, Raffi Ahmad. Terdapat beberapa informasi dari media cetak, online dan televisi kalau banyak ditemukannya tanaman ini di daerah Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Berikut cuplikan dari media online mengenai tanaman khat yang tumbuh subur di daerah Bogor.

Tanaman khat (ghat) atau Chata edulis, bahan dasar chatinone, zat narkotika golongan I, ditemukan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Di daerah tersebut, tanaman khat menjadi mata pencaharian utama warga. 

http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/sekilas-info-tentang-tanaman-khat.html


Opini mengenai Tanaman Khat, Katinone, Chatinone atau Metilon:

Untuk itu perlu sosialisasi yang kuat dari pemerintah tentang tanaman khat ini. Jika tanaman ini akan dimusnahkan secara massal, pemerintah harus bekerja ekstra kuat untuk memusnahkannya karena tidak menutup kemungkinan kalau tanaman ini masih bisa tumbuh dan berkembang dengan subur di daerah lain hanya dengan beberapa batang saja. Kita mengetahui kalau tanaman ini mudah untuk dikembangkanbiakkan.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog