loading...

MEMBUAT TELUR AYAM MENJADI PAKAN ALTERNATIF LOVEBIRD

MEMBUAT TELUR AYAM MENJADI PAKAN ALTERNATIF LOVEBIRD

Telur ayam untuk lovebird dapat dijadikan sebagai pakan alternatif yang menyehatkan di saat terjadi kelangkaan kroto di pasaran. Selama ini krotolah yang dikenal dan pada umumnya dijadikan sebagai pakan tama burung lovebird dan burung ocehan lainnya. Namun ternyata, kandungan nutrisi dalam telur ayam negeri khususnya bagian kuning telurnya hampirlah sama dengan kandungan nutisi kroto yakni mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik untuk kebutuhan organ dalam tubuh burung dan membuat kicauan lebih sering dan tidak pecah. Mengapa tidak menggunakan putih telur? Karena putih telur hanyalah mengandung protein saja. Putih telur adalah asupan yang sangat bagus bagi para olahragawan atau binaragawan yang sedang melakukan pembentukan otot.

baca juga
INILAH MACAM-MACAM TELUR YANG BISA DIMAKAN


Manfaat Telur Ayam Untuk Lovebird
Tidak hanya mengandung asam lemak dan omega 3, kuning telur juga mengandung protein, vitamin A, B12, D, E dan K, mineral, colin dan fosfor yang sangat menyehatkan. Bukan hanya bagi manusia namun juga bagi burung lovebird kesayangan. Telur ayam buat lovebird sangatlah baik terutama bagian kuning telurnya asal diberikan dengan takaran yang pas. Tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan kuning telur mengandung kolsterol yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan burung lovebird. Pemberian kuning telur pada lovebird sangatlah bagus sebagai pengganti kroto saat langka. Bahkan jika lovebird kesayangan sudah terbisa mengkonsumsi kuning telur, maka akan jauh lebih sehat dan mudah dalam mencarinya.

Salah satu cara yang paling efektif mengenai pengolahan kuning telur untuk pakan burung lovebird adalah dijadikan tepung kuning telur. Selain mudah proses pembuatannya dan tidak memerlukan campuran bahan lain, tepung kuning telur juga dapat disimpan untuk diberikan dikemudian hari. Manfaat telur ayam untuk burung lovebird dengan cara ini juga sangat efektif karena dapat secara langsung diberikan. Berikut ini adalah cara pembuatan tepung kuning telur yang sangat simple, mudah dilakukan dan sederhana:
  • Pilihlah beberapa butir telur ayam negeri yang masih segar dan dalam kondisi baik kemudian cucilah cangkang atau kulit telur sampai bersih, jangan sampai ada kotoran ayam, darah atau bulu yang masih menempel karena bakterinya dapat mengontaminasi telur.
  • Kemudian rebuslah telur hingga matang sempyrna, jangan setengah matang atau jangan terlalu matang lalu angkat dan tiriskan tunggu sampai dingin.
  • Setelah itu kupas telur dan belah menjadi dua bagian untuk diambil kuning telurnya, sisihkan kuning telur atau tempatkan pada mangkuk atau wadah.
  • Lumatlah kuning teur dalam mangkuk dengan bantuan sendok makan hingga menjadi bubuk atau hingga halus.
  • Ambil aluminium foil kemudian tempatkan kuning telur yang sudah dilumat tadi di atasnya lalu bungkuslah dengan rai hingga semua bagian tertutup rata.
  • Panaskan oven dan masukkan kuning telur lumat yang sudah dibungkus dengan aluminium foil tadi ke dalam oven dan panggang kurang lebih selama 15 menit. Supaya tidak gosong, beberapa kali setiap beberapa menit baliklah bungkusan aluminium foil.
  • Setelah kurang lebih 15 menit, matikan oven dan angkat kuning telur. Kuning telur yang sudah dipanggang akan bertekstur tidak lengket dan tidak berminyak persih seperti tepung. Dari olahan inilah manfaat telur ayam untuk lovebird dapat diperoleh dengan optimal.
  • Setelah dingin, tepung kuning telur dapat secara langsung diberikan pada burung lovebird dan sisanya dapat disimpan kembali dan diberikan di lain waktu.

Telur ayam untuk lovebird khususnya bagian kuning telurnya sangat memudahkan para pemeliharanya dalam menyiapkan pakan untuk loverbird. Tepung kuning telur ini dapat diberikan secara terpisah dengan wadah sendiri atau dapat dicampur dengan jenis pakan lainnya seperti kroto dan lain sebagainya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "MEMBUAT TELUR AYAM MENJADI PAKAN ALTERNATIF LOVEBIRD"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT