loading...

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI DAUN JAMBU AIR

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI DAUN JAMBU AIR

Jambu air merupakan jenis buah-buahan yang gampang diperoleh. Kecuali memiliki kandungan air yang tinggi, buah yang satu ini pun mempunyai beragam fungsi kesehatan untuk tubuh. Sering juga, bagian lain tanaman Jambu Air pun bisa dibuat menjadi obat penyembuh penyakit. Orang seringnya mengambil manfaat daun Jambu Air selain buahnya sendiri. Lantas apa saja yang bisa diberikan daun Jambu Air untuk menunjang kesehatan tubuh?

Sesuai dengan penelitian yang dikerjakan para pakar didapatkan data jika daun Jambu Air memiliki kandungan beberapa senyawa aktif diantaranya adalah golongan fenolik, saponin dan steroid. Ketiganya senyawa itu merupakan unsur utama kenapa daun Jambu Air bisa berkhasiat.


1. Obat turun panas
Telah lama diketahui jika manfaat daun Jambu Air dapat digunakan sebagai ramuan herbal penurun panas dan demam terutama anak-anak. Cara membuat ramuan dari daun Jambu Air ini mudah saja, sediakan beberapa lembar daun Jambu Air, cuci bersih dan remas-remas hingga agak lumat. Tempatkan dalam gelas berisi air hangat. Ambil rendaman daun tadi untuk mengompres penderita. Lakukan beberapa kali hingga panas tubuh mereda. Berikan juga asupan cairan yang banyak agar panas tubuh cepat turun.


2. Mengobati keseleo dan patah tulang
Manfaat daun Jambu Air berikutnya yakni untuk meringankan nyeri yang diakibatkan keseleo atau patah tulang. Ambil daun Jambu Air segar, lumatkan sampai lembut. Borehkan di bagian tubuh yang terasa nyeri sembari diurut-urut lembut. Kerjakan langkah ini dengan teratur agar rasa nyeri keseleo secepatnya hilang.


3. Menyembuhkan diabetes
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Malaya yang diterbitkan dalam Journal Food Chemistry membuktikan jika ekstrak daun jambu Air mampu mengembalikan resistensi insulin sekaligus mengurangi tingkat gula darah dan juga menangani komplikasi diabetes antara lain impotensi pria. Singkatnya manfaat daun Jambu Air dalam bentuk ekstrak bisa mencegah kerja enzim hidrolisis karbohidrat, alpha glukosidase dan alpha amilase. Ekstrak daun Jambu Air memiliki ciri non toksik atau tak beracun yang diperlihatkan pada tikus yang diberikan ekstrak daun Jambu Air hingga kadar 2.000 mg/kg ternyata bisa menginduksi diferensiasi 3T3-L1 pra-adiposit, memperbesar absorbsi gula dan bisa mempercepat sekresi adiponektin.


Ada 6 senyawa utama dalam daun Jambu Air yang bertanggung jawab merevitalisasi resistensi insulin penderita diabetes tipe 2 yaitu myricetin-3-O rhamnoside, 4-Hydroxybenzaldehyde, europetin-3-O-rhamnoside, myrigalone-G, phloretin serta myrigalone-B. Penelitian ini malah menyarankan kepada perusahaan farmasi agar menggunakan ekstrak daun Jambu Airuntuk obat diabetes. Bila anda ingin mengambil manfaat daun Jambu Air ini maka sediakan 7 helai daun Jambu Air yang tak terlalu tua, masak dengan 3 gelas air sampai tinggal satu gelas untuk kemudian diminum. Dosis perhari cukup diminum pagi serta sore hari. Jika menunjukkan tanda-tanda membaik, dosis dikurangi menjadi 4 hari sekali.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PENGOBATAN TRADISIONAL DARI DAUN JAMBU AIR"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT