loading...

MARI MENANAM JAMBU JAMAIKA





Berdasarkan informasi dari rekan-rekan, bila tanaman ini ditanam ditanah akan lebih susah dibuahkan jika dibandingkan ditanam di pot (dibikin tabulampot). Dengan media tanam di pot, perlakuan akan lebih mudah dalam perangsangan pembuahan, tapi berkat usaha dan uji coba beberapa perlakuan, akhirnya tanaman di tanah juga berhasil berbuah. 

Berikut tip dalam perawatannya : 
Tunggu sampai tanaman tidak memiliki pupus daun muda, setelah itu lakukan permangkasan terhadap daun-daun tua (sekitar 50 %). Lakukan seditkit stress air, berikutnya tambahkan pupuk dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan). Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan. 

baca juga
CARA MENANAM LADA

Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 - 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 - 10 cm dari dasar tanah. 

Cara pengembangbiakkan tanaman ini biasa dilakukan dengan sambung pucuk ataupun tempel mata tuna dengan batang bawah jambu bol dari biji. Kata orang sih jambu bol jamaika ini susah / tidak bisa dicangkok. Pembuktian yang saya lakukan memang demikian keliatannya, dari beberapa usaha cangkok yang saya lakukan hanya 1 yang berhasil keluar akar (itupun dengan jangka waktu yang relatif lama ; 2 bulan lebih; dan sampai hari ini belum saya turunkan ). Jadi belum tahu keberhasilannya juga. 



Buah muda banyak bermunculan, lakukan seleksi buah, buang buah yang tidak normal 


Buah setengah tua berwarna merah tua dan harus dibungkus 
Siapa yang tidak tergiur nikmat dan segarnya jambu air? Jenis jambu yang satu ini memang menggugah mata sebab warnanya cerah. Tak hanya ini, jambu air juga merupakan salah satu buah pelepas dahaga yang sangat baik. Jambu air cukup mudah dijumpai di keseharian masyarakat. Sama seperti buah mangga, ia cenderung ditanam di pekarangan warga. Jambu air ini tak hanya nikmat, ia juga memiliki sejumlah khasiat baik itu dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Karena itu, konsumsi rutin jambu air adalah hal yang cerdas. Salah satu jenis jambu air yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah Anda adalah jambu jamaika. Pernah mendengar nama jambu ini? Ia cukup populer berkat rasa dan ukuran buahnya yang wah. 

Mengenal Jambu Jamaika 

Banyak mungkin yang bertanya, mengapa jambu air yang satu ini diberi nama “jamaika”. Apa ia berasal dari jamaika? Tidak ada yang tahu pasti di mana jambu nikmat yang satu ini berasal. Nama jamaika mungkin melekat oleh karena warnanya yang merah pekat. Pada saat buah jambu jamaika masih muda, warna kulit buahnya merah cerah dan pada saat ia matang, warna tersebut akan menjadi merah yang sangat pekat mendekati hitam. Buah jambu yang satu ini memiliki ukuran yang jumbo. Sepintas ia tampak seperti jambu jenis bol. Namun sebenarnya berbeda. 

Soal rasa, jambu yang satu ini cukup nikmat dan tentunya manis. Dalam keadaan segar, daging buahnya terasa gurih saat digigit. Dagingnya juga jauh lebih padat dan lembut jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Jambu ini masih langka di pasaran sebab memang yang membudidayakannya masih terbatas. Hal ini juga yang menjadikan harganya masih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. 

Jambu jamaika dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Malay Apple. Nama ini melekat boleh jadi karena warnanya yang memang merah pekat. Jambu jamaika ini juga bagi sebagian orang dikenal dengan nama Jambu Darsono. Tak ada yang tahu alasan khusus di balik pemberian nama tersebut. Jambu jamaika ini bernama latin Syzygium malaccense yang secara harfiah bisa diartikan berasal dari malaka. Hal ini memang merujuk pada asalnya yang memang dari wilayah Melayu. 

Manfaat Jambu Jamaika



Secara umum, jambu jamaika ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama seperti jambu air pada umumnya yakni vitamin c, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi jambu jamaika ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya. Adapun sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi jambu jamaika ini antara lain kulit yang cerah dan segar, pencernaan yang lebih baik, mata yang lebih cerah, buang air kecil jadi lebih lancar dan masih banyak lagi lainnya
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog