loading...

CARA BETERNAK MERPATI HIAS



Salah satu merpati hias yang mempunyai bentuk ekor yang unik yaitu ekornya seperti kipas adalah merpati kipas / persi. Bagi penggemar burung hias belum komplit rasanya kalau anda belum memiliki koleksi merpati kipas. Akhir-akhir ini merpati kipas memiliki harga jual yang lumayan tinggi, sehingga membuka peluang bisnis bagi mereka yang mempunyai hoby menangkar burung hias. 

Jika ingin mengembangkan jenis lain yang mempunyai nilai jual lebih tinggi maka dapat dipadukan dengan indukan dari merpati impor, seperti yang lagi populer saat ini adalah merpati jenis Jacobin, Fantail, Pouter, dan masih banyak yang lainnya

Cara Ternakmerpati hias 

Cara ternak merpati hias sebenarnya hampir sama dengan merpati ketinggian atau merpati balap, hanya diperlukan penyesuaian model dan ukuran kandang dengan melihat bentuk dan ukuran jenis merpati hias yang akan dibudidayakan.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk penangkaran burung merpati kipas, hal ini tergantung dari kondisi / lokasi penangkar. Dari beberapa cara yang ada memiliki kelebihan maupun kelemahan masing-masing:

1. Sistem Umbaran, beberapa pasang merpati di biarkan ( diumbar) berkeliaaran di pekarangan sekitar rumah. Untuk tempat tidur sekaligus untuk bertelur merpati di buatkan pagupon. Kelebihan dari sistem ini, tidak ada biaya pembuatan kandang, merpati lebih sehat karena bebas terbang ke mana saja, lebih mudah dalam pemeliharaannya dan pemberian makanan lebih sedikit karena disamping makan makanan yang disediakan oleh peternak, merpati juga mencari makanan sendiri yang berada di lingkungan sekitar. Kelemahan sistem ini terletak dalam hal keamanan dan produktifitas kurang baik karena merpati lebih banyak bermain, kalau ada burung yang sakit akan mudah menular.

2. Sistem kandang koloni, beberapa pasang merpati di masukkan dalam kandang besar. Untuk kapasitas kandang jangan terlalu sesak karena akan mengganggu kesehatan burung. Kelebihan dari sistem ini keamanannya lebih terjamin dari pada sistem umbaran. Kelemahan sistem ini, memerlukan biaya untuk pembuatan kandang dan makanan yang dibutuhkan lebih banyak, kalau ada burung yang sakit akan mudah menular.

3. Sistem Battery, di mana satu pasang merpati di masukkan dalam satu kandang battery. Ukuran kandang yang ideal adalah 75cmx50cmx50cm. Sistem ini sangat baik digunakan untuk ternak dalam skala besar. Kelebihan dari sistem ini, kesehatan burung lebih terjamin karena penyakit tidak mudah menular, produktifitas lebih baik, keamanan lebih terjamin. Sedang kelemahannya adalah membutuhkan biaya pembuatan kandang yang banyak, perawatan lebih sulit.

Peluang Usaha Ternak Merpati Hias 

Sekarang ini trend burung masih di dominasi kenari import , tapi bukan berarti jenis unggas kesayangan asli indonesia tidak memenuhi selera pasar . Buktinya harga merpati hias cukup mahal , seperti jenis Santinet. Sepasang merpati anakan ditingkat peternak harga sekitar 500 ribu rupiah . Dari sebuah kandang sederhana dalam sebulan dapat memanen anakan sebanyak dua kali dan setiap kali panen menghasilkan 15 pasang merpati , maka dalam sebulan 30 pasang . Harga sepsang merpati anakan lepas sapih berkisar 150.000 – 1 juta . Jika dalam sebulan didukung pemasaran yg lancar bisa beromzet 15.000.000 , biaya pakan yang di keluarkan 1 juta.

Berikut gambaran analisa budidaya Merpati Hias

A. Investasi
- kandang Rp. 2.000.000
- Induk 15 pasang @ 1 juta Rp. 15.000.000
Total : 17.000.000

B. Biaya Operasional
- Pakan Rp. 1 .000.000
- Tenaga Kerja Rp. 1.000.000
Total : Rp 2.000.000

C. OMZET
- Hasil penjualan anakan ( 1 Pasang indukan menghasilkan 1 pasang anakan. 1 bulan panen 2 kali ) @ 500.000
Rp. 15.000.000

Sumber : Trans Agro

Berikut Gambar Jenis-jenis Merpati Hias :

1. Merpati Jacobin


2. Merpati Saxon Pouter


3. Merpati Fantail

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

10 Responses to "CARA BETERNAK MERPATI HIAS"

  1. wah merpati fantail cuco banget mas hihihi

    BalasHapus
  2. mantap juga modal nya yah....trim infonya

    BalasHapus
  3. makasih gan info nya..

    cari merpati kipas / persi disini
    https://lapangblog.wordpress.com/category/hobi/burung/merpati-kipas/

    BalasHapus
  4. makasih infonnya gan...
    ini saya ada stok merpati kipas
    https://lapangblog.wordpress.com/category/hobi/burung/merpati-kipas/

    BalasHapus
  5. mudah sekali ya mas cara beternaknya...bisa untung ni..

    BalasHapus
  6. Blm pernah miara burung sendiri ini TS kayaknya. Ngitung panennya asal nggacor. Sepasang merpati, kalo lancar produksinya, 3-4 bulan baru bisa panen. Proses pengeraman telur aja membutuhkan waktu 18-20 hari. Emangnya telur netes bisa langsung dijual?

    BalasHapus
  7. Peternakan MAHISA (Merpati Hias Tigaraksa)

    Lokasi di kec. Tigaraksa, kab. Tanggerang, prov. Banten.
    Dapat dilihat langsung, dan untuk anakan harus dipesan dulu.

    Hubungi: Mufid 082187092752
    http://merpatil.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  8. Wah hebat klo ada merpati yg seperti itu..
    tapi nih Ts ngawur dan asal ketik aja.

    BalasHapus
  9. terimakasih untuk artikelnya.
    yang sering jadi kendala peternak khususnya bagi pemula biasanya soal penjualan. barangkali bisa memberi solusi untuk penjualannya pasti sangat membantu.

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT