loading...

Mengatasi Hama kutu putih pada adenium



Kutu putih merupakan jenis hama yang sering menyerang tanaman hias Adenium.Terjangkitnya tanaman adenium oleh hama kutu putih ditandai dengan adanya selaput-selaput berwarna putih yang berfungsi sebagai rumah kutu pada daun bagian bawah. Tingkat bahayanya jenis hama kutu putih ini cukup tinggi namun jika penanganannya dapat dilakukan dengan cepat maka kemungkinan tanaman untuk kembali sehat lebih besar. Berikut ini merupakan cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman hias adenium.


1. Gunakan Insektisida cair. Karena enyakit yang menyerang berupa hewan maka bahan pembasmi yang tepat digunakan yaitu insektisida cair. Insektisida cair yang disemprotkan ke kutu putih secara langsung maka akan membuat kutu putih tersebut langsung mati. Cara ini baik digunakan untuk jumlah kutu putih yang masih sedikit dan tetap mempertahankan kondisi daun dan batang tanaman tanpa harus dipotong.

2. Potong daun dan batang. Pembasmian hama kutu putih dengan memotong daun dan hama biasanya dilakukan jika kondisi kutu putih terlalu banyak (seperti gambar diatas), hal tersebut dilakukan karena kondisi batang dan daun telah rusak dan jika dipertahankan maka pucuk daun muda akan tumbuh cacat dan mudah terserang penyerang kutu putih. Cara ini banyak dipakai oleh para penghobis karena lebih efektif. Untuk lebih memastikan kutu putih telah punah maka sebaiknya gunakan insektisida untuk menyemprot batang dan daun yang tersisa di tanaman adenium.

3. Ganti media tanam. Mengapa cara ini termasuk solusi untuk membasmi kutu putih? Yaitu karena kutu putih biasanya berlindung dan berkembang biak dimedia tanam. Terutama media tanam yang tidak higienis. Penggantian media tanam selain membuat kutu putih kehilangan rumah untuk berkembang biak, juga kondisi akar akan lebih leluasa untuk menyerap sari makanan yang akan disupply ke daun untuk dilakukan fotosintesis.

4. Pindahkan tanaman ke lingkungan yang sehat. Tanaman mudah terserang penyakit karena kondisi tanaman kurang prima. Untuk menjaga kondisi kesehatan tanaman tetap baik, pastikan lingkungan disekitar tanaman dalam kondisi sehat dan cukup menyediakan oksigen dan cahaya matahari. Namun jika kondisi tanaman telah diserang penyakit kutu putih maka gunakanlah cara seperti ketiga cara diatas baru kemudian pastikan lingkungannya baik.
ilmuflora.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Mengatasi Hama kutu putih pada adenium"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT