loading...

TANAMAN JAHE UNTUK PENGOBATAN SAKIT

TANAMAN JAHE UNTUK PENGOBATAN SAKIT
Khasiat jahe merah - Jahe (Zingiber officinale Rosc) merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pemakaian jahe sebagai tanaman obat semakin berkembang dengan pesat seiring dengan mulai berkembangnya pemakaian bahan-bahan alami untuk pengobatan. Awalnya pengunaan jahe hanya berdasarkan kebiasaan orang tua zaman dahulu yang diwariskan secara turun temurun, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dilengkapi dengan penelitian yang mendukung, jahe kini mulai dimanfaatkan secara komersial.

Secara umum senyawa kimia yang terkandung didalam jahe terdiri minyak menguap (Volatile oil) minyak tidak menguap (nonvolatile oil) dan pati. Minyak atsiri adalah termasuk jenis minyak menguap, jenis minyak yang mempunyai bau yang khas. Minyak tidak menguap disebut oleoresin yakni jenis komponen yang memberikan rasa pahit dan pedan. Selain itu rimpang jahe juga mengandung gingerol, 1,8-cineole, 10-dehydrogengedione, 6-gingerdione, arginine, a-linolenic acid, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenis acid, farnesal, farnesene, farnesol dan unsur pati seperti tepung, kanji serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit.

Kandungan minyak atsiri dan oleoresin yang cukup tinggi terkandung pada jahe merah inilah yang menyebabkan jahe merah memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pengobatan, baik itu pengobatan tradisional maupun untuk dalam skala industri yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi.

Khasiat jahe merah bukan hanya daging rimpangnya tetapi kulit rimpangnya juga dimanfaatkan untuk pengobatan, obat yang sudah turun temurun dari jahe merah adalah untuk mengobati menceret dan disentri.

Berikut ini adalah beberapa khasiat jahe merah berdasarkan kandungan zat yang terdapat didalam jahe merah :

Limonen 
Khasiatnya mampu menghambat jamur Candidi albicans, antikholinesterase, obat flu

1,8-cineole
Khasiatnya mempu mengatasi ejakulasi prematur, anestetik antikholinesterase, perangsang aktivitas syaraf pusat, merangsang ereksi, merangsang keluarnya keringat, dan penguat hepar.

10-dehydroginger-dione, 10-ginger-dione
Khasiatnya Merangsang keluarnya ASI, menghambat kerja enzim siklo-oksigenase, dan penekanan prostaglandin.

Alpha-linolenic acid
Khasiatnya anti pendarahan diluar haid, merangsang kekebalan tubuh, dan merangsang produksi getah bening.

Arginine
Khasiatnya Mencegah kemandulan, memperkuat daya tahan sperma

Aspartic acid
Khasiatnya Perangsang syaraf dan penyegar

Betha-sitoserol
Khasiatnya Perangsang hormon androgen, menghambat hormon estrogen, mencegah hiper-lipoprotein, melemahkan potensi sperma dan bahan baku feroid

Caprylic-acid
Khasiatnya anti jamur Candidi albicans

Capsaicin
Khasiatnya Merangsang ereksi, menghambat keluarnya enzime 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase, meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin.

Chlorogenic acid
Khasiatnya Mencegah proses penuaan, merangsang regenerasi sel kulit dan farnesal

Farnesol
Khasiatnya Bahan pewangi makanan, parfum merangsang regenerasi sel normal.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TANAMAN JAHE UNTUK PENGOBATAN SAKIT"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT