loading...

Tanaman Pandan Laut Yang Kaya Manfaat

Tanaman Pandan Laut Yang Kaya Manfaat

Pandanus Tectorius atau disebut juga Pandan Laut banyak di jumpai dan menjadi pemandangan umum di Hawaii. Asal mula tanaman ini dari Australia Timur dan Kepulauan Pasifik. 

Termasuk dalam famili Pandanaceae, jenis pandan ini merupakan salah satu sumber daya yang dipergunakan secara luas untuk produksi tenun, makanan, dan obat-obatan. Bisa juga dipergunakan untuk membuat kerajinan atau ornamen, dan bahan pewarna alami. Biji dan buahnya dapat dimakan mentah atau dimasak. Daunnya dapat digunakan sebagai penyedap masakan. 

Di Srilanka, daun Padan Laut digunakan untuk membumbui masakan kari. Di Polinesia daunnya dipakai untuk membuat kerajinan anyam seperti tikar atau keranjang.

Sebagai tanaman obat, Pandan Laut dipergunakan untuk mengobati penyakit kelenjar (infeksi TB). Bagian akar dapat dibuat jus untuk mengobati peradangan kulit. Bunga jantan pada tanaman ini dapat dicampur dengan akarnya, dan digunakan untuk obat pencahar/pencuci perut. Penduduk Fiji membuat teh dari daun Pandan Laut antara lain sebagai obat diare.

Pandan Laut beradaptasi dengan baik di daerah pesisir dengan cahaya matahari penuh. Pohonnya besar dan dapat mencapai 15 meter. Pada ketinggian empat meter, batangnya tumbuh tunggal, setelah itu tumbuh cabang-cabang. 

Panjang daun biasanya 4-8meter. Secara keseluruhan pohon ini membentuk sebuah canopi. Keunikannya bunga pada jenis pandan ini bisa dibedakan jenis jantan dan betinanya. 

Bunga jantan bentuknya kecil, wangi dan hanya hidup satu hari sedangkan bunga betinanya menyerupai nanas. Buah Pandan Laut berbentuk agak bulat dan memiliki kulit berserat luar seperti duri. Buah ini dapat bertahan selama berbulan-bulan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

4 Responses to "Tanaman Pandan Laut Yang Kaya Manfaat"

  1. kalo di indonesia tanamaan tersebut aa ga gan?

    BalasHapus
  2. bagaimana sih untuk merawat pandan agar tidak mati?
    terimakasih ;)

    semoga ini juga bermanfaat http://veriska.com/

    BalasHapus
  3. berkhasiat sebagai apa saja gan?
    teimakasih ;)

    insya alloh bermanfaat http://mobildatsunbandung.com/

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT