SEKILAS INFO TENTANG LARON

SEKILAS INFO TENTANG LARON

Pada saat memasuki musim penghujan seringkali muncul laron. Rayap bersayap ini cukup mengganggu karena muncul dalam jumlah yang banyak dan mengerumuni lampu di rumah-rumah. Bagi anda yang belum mengenal laron, mungkin muncul pertanyaan di benak anda kenapa laron muncul hanya saat musim hujan? Lalu kemana perginya mereka saat musim kemarau? Atau kenapa sayap laron pasti rontok? 

Laron atau yang dikenal sebagai White Ants, akan keluar secara bergerombol dari dalam tanah pada saat udara terasa lembab. Selama musim hujan keadaan tanah menjadi lebih lembab daripada biasanya karena tanah menjadi basah. Udara disekitarnya pun menjadi lembab. Pada saat itulah, mereka akan keluar dan mencari cahaya, dari cahaya lampu-lampu yang bersinar disekitarnya untuk menghindari udara lembab, selain daripada itu laron juga melakukan proses perkembangbiakan pada saat musim hujan untuk mencari pasangan kimpoiya.

Laron tumbuh dari telur. Sayap laron berkembang agar laron bisa terbang mencari pasangan kimpoinya. Setelah kimpoi, sayap laron tanggal karena tidak diperlukan lagi. Mereka mulai membangun sarang dan menetaskan telur-telur sehingga membentuk koloni baru.

Laron merupakan salah satu tahap perkembangan rayap, serangga yang hidup berkoloni didalam tanah. Rayap memiliki tiga kasta (level perkembangan): kasta reproduktif, kasta prajurit, dan kasta pekerja. Laron merupakan salah satu fase dewasa dari kasta reproduktif. Ia akan menjadi raja dan ratu pada koloni rayap.

Sekian sedikit pembahasan yang saya kutip dari www.woconan.com


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog