loading...

PENGOBATAN PENYAKIT DARI TANAMAN TEMU PUTIH

PENGOBATAN PENYAKIT DARI TANAMAN TEMU PUTIH 
Temu putih, jika dilihat sepintas lalu tanaman ini mirip dengan temulawak, ataupun temu kunci. perbedaannya akan terlihat bila kita melihat rimpangnya yang berwarna putih, daun temu putih berwarna merah gelap. Temu putih merupakan jenis tanaman yang berumur tahunan, temu putih merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup besar dan tingginya mampu mencapai dua meter. Temu putih tidak tumbuh merumpun namun hanya memiliki beberapa batang yang tumbuh dengan jarang.

Rimpang temu putih merupakan jenis umbi batang, berbentuk bulat dan gendut, serta sangat mudah sekali dipatahkan. Rimpangnya dipenuhi oleh akar akar yang besar dan kaku, jenis batangnya tersusun dari gabungan kelopak-kelopak daun dan berbatang semu.

Temu putih banyak dibudidayakan di Malaysia, Indonesia dan Filipina, Khusus di Indonesia Temu putih sering kita temukan tumbuh dengan liar khasusnya didaerah Jawa, Ambon, hingga ke Irian. Dalam membudidaya temu putih cukup dengan memisahkan anakan atau rimpangnya yang memiliki mata tunas.

Khasiat temu putih sudah lama dikenal di Negara kita, ini tentunya karena temu putih diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita. Dan Berikut ini adalah beberapa khasiat temu putih dan cara mengolahnya :

Mengobati keseleo 
  • Ambil beberapa buah rimpang temu putih 
  • Bersihkan 
  • Tumbuk atau diparut sampai halus 
  • Tempelkan pada bagian yang keseleo, biarkan sampai kering, supaya tidak mudah lepas sebaiknya dibungkus dengan kain atau perban. 
Memulihkan tenaga Bagi yang habis melahirkan 
  • Ambil beberapa buah rimpang temu putih yang masih segar 
  • Cuci sampai bersih 
  • Jadikan Rimpang temu putih sebagai lauk makan nasi 
Khasiat lain temu putih Temu putih juga bagus untuk jamu maupun sebagai bumbu masakan, karena bermanfaat untuk menghangatkan badan, menambah nafsu makan, menghilangkan nafas tidak sedap, menguatkan syahwat, sebagai obat luka, peluruh cacingan pada anak-anak, memperbaiki penglihatan yang kabur atau tidak jelas, obat demam, tumor, TBC, limpa bengkak, sakit ayan serta wasir. Selain dari itu khasiat temu putih juga bagus untuk menyegarkan otak dan jantung, merangsang muntah saat terkena racun, pelancar haid bagi wanita, pelancar dahak, kentut.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PENGOBATAN PENYAKIT DARI TANAMAN TEMU PUTIH "

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT