loading...

Tanaman Kumis Kucing Berkhasiat Obat


Kumis Kucing (Orthosipon Aristatus) lebih dikenal sebagai tanaman obat. Termasuk dalam keluarga Lamiaceae, Kumis Kucing tumbuh liar di pekarangan atau lahan. 

Beberapa sebutan untuk Kumis Kucing diantaranya kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koceng (Madura).

Berasal dari wilayah Afrika tropis, Kumis Kucing tersebar ke Asia dan Australia. Tumbuh tegak dengan bunga berwarna putih atau keunguan, serta benang sari yang mencuat keluar menyerupai kumis kucing, posisi daun Kumis Kucing pada batangnya berhadapan dan selang-seling dengan tulang daun yang bercabang-cabang.

Sebagai tanaman obat , masyarakat Indonesia menggunakan Kumis Kucing sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk, encok, masuk angin, dan sembelit. Di samping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit sipilis. Pada umumnya tanaman kumis kucing diperbanyak dengan stek batang atau stek cabang
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Tanaman Kumis Kucing Berkhasiat Obat"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT