RAMUAN UMPAN MANCING IKAN NILA

RAMUAN UMPAN MANCING IKAN NILA

Cara membuat umpan ikan nila sangat mudah, karena ikan nila sangat menyukai umpan yang berbau amis, komposisi yang harus tidak lepas dari ikan-ikannan yang menimbulkan bau amis yang cukup tinggi, komposisinya seperti di bawah ini :


  • ½  kg tepung tapioca
  • ¼  kg tepung roti
  • 1 kg rarong / udang rebon (cuci supaya tidak terasa asin lalu jemur sampai kering)
  • 2 ekor kembung (kukus ikan kembung sebelum dimasukan pada campuran adonan umpan)
  • 5 butir telor bebek
  • 5 sachet vanili

Cara mengolahnya :

-->
Adukan tepung tapioca dengan tepung roti sampai tercampur rata, lalu masukan telor bebek dan vanili aduk kembali sampai benar-benar merata adonan umpannya.


rarong atau udang rebon yang sudah dicuci dan kering di jemur lalu diblender sampai halus kemudian campurkan dengan adonan umpan tadi, aduk lagi sampai merata dan yang terakhir masukan ikan kembung dagingnya saja yang sudah dikukus, lalu aduk sampai benar-benar merata, kalau sudah merata adonan umpan langsung dikukus sampai matang.

Catatan penting : 
Cara mengadukan adonan umpan harus bertahap sejenis-sejenis agar campuran komposisinya merata dengan baik dan dapat menimbulkan bau yang wangi.

Umpan Ikan Nila yang alami :

Umpan ikan nila yang alami biasanya menggunakan cacing dan lumut tetapi ikan nila lebih suka jenis cacing sawah di banding cacing tanah biasa (kalung), untuk lumut bisa digunakan lumut sawah yang lebih disukai ikan nila, untuk menambah wangi lumut bisa ditambahkan esen pandan, tapi ada yang lebih bagus dengan bau alami supaya menetralkan wangi lumut, yaiutu dengan ketimun/bonteng, dengan memasukan isi bonteng (daging dan bijinya saja) maka lumut akan beraroma segar alami.


artikel berikutnya



5 comments:

rukmana mengatakan...

selain itu ada lagi ngga gan umpan nya yang instan tidak perlu di olah tapi menjanjikan

Miss.Jihan Penjual Vimax Pembesar Penis mengatakan...

Umpan Yang Lebih praktis apa bos

Guam Dwiindra II mengatakan...

Makasih nih infonya mau coba coba hal baru nih hehe tapi kalo boleh saya kasih tips yang praktis dan andalan umpan bagi saya buat mancing ikan nila. Saya bikin dari ubi kuning rebus, pelet ikan dan satu lagi satu butir telor asin semua bahan dicampur di jamin celup tarik deh hehe .

Selamat mencoba guys :D

Anonim mengatakan...

@guam : itu pake pelet ikan apa gan
Yakin ga gan itu umpan jitu
Soal.y ane masih amatir mhon bimbingan.y

hodbin naga mengatakan...

Klo di kampung ku biasa pake pelet ikan aja.. Tp mata kail dan benang pancing harus kecil. Mata kail no 2. Jd bs selipkan pelet ikan ke mata kail itu.
Biar lebih mantap,pelet kering sdikit dibasahi. Agar gampang patah ketika di makan ikan.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog